Categories: Kotawaringin Timur

Apel Komitmen Bersama Pencegahan dan Penanganan Karhutla di Kecamatan Seranau

Sampit, infobanua.co.id – Latihan pos komando dan apel siaga karhutla serta Gelar pasukan serta peralatan Se-kecamatan Seranau, dilaksanakan dihalaman kantor kecamatan Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur,Rabu (3-7-2024) apel dipimpin langsung oleh camat Seranau, Juliansyah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, camat Seranau, BPBD Kabupaten Kotim, UPT KPHP Mentaya Tengah- Seruyan Hilir, Manggala Agni Pondok Kerja Sampit, BPP Pertanian Kec.Seranau, Kepolisian Sektor MB Ketapang, Koramil 1015-08 MB Ketapang, Damang Kepala Adat Kec.Seranau, Kades Seragam Jaya, Kades Ganepo, kades Terantang, Kades Terantang Hilir dan Lurah Mentaya Seberang, perwakilan PT.RMU, PT.Borneo Sawit Persada dan PT.Bumi Sawit Makmur.

Dalam sambutannya camat Seranau, Juliansyah mengakui kalau personil yang tergabung dalam Kurhutla kecamatan Seranau sangat minim kurang, namun walaupun demikian berkat kerjasama semua pihak dari semua kejadian Kurhutla dikecamatan Seranau dapat teratasi.

”Memang saya akui tenaga dilapangan untuk Karhutla khususnya dikecamatan Seranau sangat minim sekali, akan tetapi hal itu tidak menjadi alasan berkat adanya kerjasama semua pihak.”Ujar Juliansyah dalam sambutannya.

Juliansyah juga menambahkan kegiatan semacam ini merupakan kegiatan tahunan dan sudah diagendakan bila menghadapi musim kemarau, jadi semua personil yang menangani peralatan seperti mesin pemadam dan lainnya harus siap bila mengahadapi musim kemarau.

”Semua yang tergabung dalam Kurhutla dikecamatan Seranau, mereka siap siaga dengan peralatannya,” tegasnya.

Dalam kegiatan apel siaga karhutla serta gelar pasukan peralatan tersebut dibacakan ada 11 komitmen (kesepakatan) bersama dan rencana aksi karhutla diantaranya Bersepakat untuk melakukan Kerja Bersama dalam Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kecamatan Seranau dengan Semangat Bergotongroyong dan Terpadu.

Seluruh Pemerintahan Desa dan Kelurahan Menjalankan Peran dan Tanggungjawabnya dalam Upaya Pencegahan dan Pemadaman Karhutla di Wilayah Desa/Kelurahan Masing-masing. Mengaktifkan Masyarakat Peduli Api (MPA) / Regu Siaga Api Desa (RSA) Untuk melakukan Patroli, Pos Jaga, Pemantauan dan Pemadaman di Wilayah Administrasi Desa/Kelurahan Masing-Masing.

Seluruh Perusahaan Berbasis Lahan, Kebun dan Hutan yang ada di Kecamatan Seranau Menjalankan Peran dan Tanggungjawabnya dalam Upaya Pencegahan dan Pemadaman Karhutla di Wilayah Konsesi/Ijin/HGU/Kelola Masing-masing secara khusus kepada Masyarakat sekitar Perusahaan.

Seluruh Pemangku Kepentingan Pemerintah Kecamatan, Kepolisian, TNI, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Lembaga Keadatan (Damang, Para Mantir dan Batamad) secara Luas memberikan Informasi, Himbauan dan Teguran kepada Masyarakat Luas tentang Dampak dan Bahaya Karhutla bagi Orang banyak serta mendorong mempraktekan pengolahan Lahan Tanpa Bakar.Seluruh Pemilik Lahan Perorangaan maupun Kelompok Tani (Poktan) Bertanggungjawab terhadap Lahannya dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Kebakaran Serta melakukan Praktek Penyiapan Lahan Tanpa Bakar.

Koordinasi dan Kolaborasi dengan Dinas/Instansi Terkait dalam Upaya Pencegahan, Penanganan dan Penanggulangan Karhutla. BPP Pertanian Kec. Seranau dan Pihak Terkait sebagai Motor Penggerak di Masyarakat Praktek Pengolahan Lahan Pertanian dan Perkebunan Tanpa Bakar (PLTB).Itulah sebagian petikan dari komitmen bersama penanganan karhutla dikecamatan Seranau yang dibaca saat apel tersebut.

Zainal.

infobanua

Recent Posts

Nanang Rifky dan Galuh Anisa Raih Gelar Juara Pemilihan Nanang Galuh Banjar 2024

Martapura, infobaua.co.id – Sorak-sorai penonton memecah keheningan ketika Nanang Rifky dan Galuh Anisa dinobatkan sebagai…

6 jam ago

Revolusi Industri Hulu Migas Indonesia, Indosat Business Kenalkan Solusi Teknologi Berbasis Kecerdasan Buatan

Jakarta, infobanua.co.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Business, bersama dengan anak perusahaannya,…

6 jam ago

Bupati Kotim Kukuhkan 162 Kades Dari 186 Desa

Sampit, infobanua.co.id – Pengukuhan 162 kepala desa oleh Bupati Kotim, Halikinnor yang dilaksanakan di halaman…

7 jam ago

Proyek Normalisasi Saluran yang Kerjakan CV Niscala Askara Jaya Mendapatkan Apresiasi dari Masyarakat

Karawang, infobanua.co.id - Hasil Pekerjaan proyek normalisasi saluran tersier yang dikerjakan pihak CV Niscala Askara…

7 jam ago

Dimana Kebesaran Manusia

oleh: Pribakti B *) Sesungguhnya masyarakat dunia pernah dihentakkan kesadarannya ketika Nagasaki dan Hiroshima dibom…

7 jam ago

Bank Kalsel Dukung Pelestarian Lingkungan dengan Penanaman 8.000 Bibit Mangrove

Banjarmasin, infobanua.co.id – Bank Kalsel menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung pelestarian lingkungan hidup melalui kegiatan…

19 jam ago