infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Hadiri Kunjungan Perjalanan Jurnalistik di Yogyakarta, Pemkab PPU Minta Jurnalistik Berikan Edukasi Masyarakat

Hadiri Kunjungan Perjalanan Jurnalistik di Yogyakarta, Pemkab PPU Minta Jurnalistik Berikan Edukasi Masyarakat

PENAJAM, Infobanua.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun, turut menghadiri kunjungan kegiatan perjalanan jurnalistik 2024 di Hotel Cavinton D.I Yogyakarta, Rabu (03/07/24).

Ia menyampaikan, dalam kunjungan tersebut bagian dari memperdalam pembelajaran wawasan yang diikuti oleh peserta dari media partner Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU.

Sementara itu, Kepala Diskominfo PPU Khairuddin, mengungkapkan rekan jurnalistik yang memiliki kesempatan pada momen tersebut, sekiranya dapat memberikan informasi dan fakta yang berimbang ketika melaksanakan tugasnya sebagai jurnalis di lapangan.

“Rekan – rekan jurnalis bisa melihat dan dapat mengadopsi apa yang sudah dilakukan selayaknya wartawan profesional sehingga pemberitaan dapat berimbang,” bebernya.

Terlebih, ucap Khairudin informasi yang disuguhkan wartawan akan dibaca diseluruh dunia. Selain itu, dalam memberitakan suatu kejadian, para jurnalis harus mampu menunjukkan fakta dan kenyataan di lapangan.

Seorang wartawan juga mampu memberikan edukasi kepada para pembaca, tidak hanya melalui tindakan dan sikap.

Ia mencontohkan terkait banjir di Kecamatan Sepaku, dimana letak banjir bukan tepat berada dilokasi IKN tetapi justru berada sekitar 20 KM dari lokasi IKN, dan yang menjadi persoalan adalah pemberitaan media berbeda dengan kenyataan yang ada di lapangan.

“Bagaimana cara kita menyampaikan kepada masyarakat apa adanya. Jadi harus berimbang apa yang terjadi sebenarnya dengan apa yang terjadi di masyarakat,’’ tandasnya. (ADV)

 

Reporter : Ipan Saputra
Editor : Syahid Rahman

 

Bagikan:

Iklan