infobanua.co.id
Beranda Daerah Masyarakat Kelurahan Teluk Makmur Dan Mundam Menggelar Acara Belo Kampong

Masyarakat Kelurahan Teluk Makmur Dan Mundam Menggelar Acara Belo Kampong

DUMAI, infobanua.co.id – Belo Kampong atau Beghateb Kampong ini dilaksanakan secara bersama – sama oleh penduduk dengan cara berarak sepanjang jalan sambil mengumandangkan ucapan “La Illa ha Illallah” dengan suara yang keras dan ucapan tersebut dikenal oleh masyarakat dengan istilah Beratib.

Dalam pelaksanaan ini apabila rombongan yang berarak berjumpa dengan jembatan dan parit, rombongan yang beratib tersebut berhenti sejenak sambil mengumandangkan azan dan membacado’a selamat dan do’a tolak bala yang dipandu oleh seorang imam.

Kegiatan ini diikuti Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS, Camat Medang Kampai, Forkopimcam Medang Kampai, Ketua LAMR Medang Kampai,Lurah,RT beserta Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda, Jumat (5/7/2024).

Menurut Ketua LAMR Kec. Medang Kampai, Berangkat dari keinginan mengangkat kembali tradisi budaya lokal, Masyarakat Kelurahan Teluk Makmur dan Mundam bersama Pemerintah Kota Dumai kembali menggelar Belo Kampong atau Beratib Kampung.

“Tujuan pelaksanaan tradisi ini untuk mengusir segala musibah dan bala yang datang mengganggu penduduk, baik berupa penyakit maupun gangguan makhluk halus,” sebutnya.

Wali Kota Dumai yang mengikuti kegiatan ini menyambut baik apa yang di lakukan oleh warga Teluk Makmur dan Mundam berkolaborasi dengan Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai.

Menurutnya, kegiatan tradisi Beratib Kampong merupakan kegiatan yang harus dilestarikan sebagai bentuk apresiasi kepada para pendahulu, pendiri kampung

Bagikan:

Iklan