infobanua.co.id
Beranda Daerah Universitas Teknologi Malaysia Bakal Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Pessel

Universitas Teknologi Malaysia Bakal Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Pessel

Ketua Tim Rombongan Universitas Teknologi Malaysia (UTM)Profesor Madya Dr. Mohd Shahizan

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Rombongan dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM) lakukan kunjungan kerja dibeberapa tempat di Kabupaten Pesisir Selatan, kunjungan itu dilakukan di Kawasan Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan dan Konservasi Penyu Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, pada Sabtu (06/7/2024).

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Rombongan Universitas Teknologi Malaysia (UTM)Profesor Madya Dr. Mohd Shahizan Bin Othman Head of Intelligent Informatics Research Group Faculty of Computing menyampaikan bahwa dirinya bersama rombongan didampingi Prof. Siti Zaiton Binti Hashim dan Prof. Mohd Murtadha Bin Mohamm sengaja mengunjungi Pesisir Selatan dan bertemu dengan Bupati Rusma Yul Anwar.

“Kita dengan sengaja mengunjungi Pesisir Selatan dan bertemu dengan bapak Bupati Rusma Yul Anwar karena ada beberapa rencana yang mesti disepakati, “katanya saat mengunjungi Konservasi Penyu pada awak media.

Dimana menurutnya, kunjungan ke Konservasi Penyu dan Kawasan Mandeh guna melihat potensi daerah terutama untuk riset atau penelitian penyu dan magrove.

“Dari potensi yang ada dalam kunjungan ini kita akan menjalin kolaborasi di bidang riset atau penelitian di Pesisir Selatan, “ujarnya.

Selain itu, jika kerjasama dan kolaborasi bisa terjalin, kedepannya pihak UTM juga bakal mengirim mahasiswa/mahasiswi untuk KKN dan pengabdian masyarakat di Pessel.

“Kita sangat kagum lihat Pesisir Selatan, insyaallah kerjasama ini akan segera kita tampungkan, “tutupnya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan. Rusma Yul Anwar buka peluang kolaborasi riset tentang Penyu dan Mangrove dengan University Teknologi Malaysia (UTM).

Perihal demikian disampaikannya sesaat setelah menjamu tiga orang guru besar dari negeri jiran malaysia. Sabtu 06/07 Di pendopo rumah dinas Bupati setempat.

“kita sangat menyambut baik atas niat baik dari saudara kita sekaligus guru besar dari Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini, “ucapnya.

Peluang besar bagi pemerintah daerah Pesisir Selatan dalam menjalin kolaborasi secara apik baik di sektor pendidikan maupun riset.

“Pesisir selatan memiliki potensi besar dan untuk mengembangkannya mesti di lakukan dulu penelitian, dan inilah peluang bagi kita, “tambahnya.

Tim UTM itu, didampingi oleh Sekretaris Daerah, Mawardi Roska, yang didampingi sejumlah kepala Perangkat Daerah; Asisten Pemerintahan dan Kesra, dr. Syahrizal Antoni, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Mimi R Zainul, Asisten Adum, Emirda Ziswati.

Disamping itu turut hadir, Kepala Dinas Perikanan dan Pangan, Firdaus, Kepala Dinas Pertanian, Mardianto, Sekretaris Diskominfo, Hasrul Sani dan sejumlah Kepala Bagian Setda.

Profesor Madya Dr. Mohd Shahizan Bin Othman Sedang menikmati alamnya di Kawasan konservasi Penyu Amping Parak, Kecamatan Sutera.

IB

Bagikan:

Iklan