infobanua.co.id
Beranda Penajam Paser Utara Pj Bupati PPU Serahkan 6 Unit Mobil Damkar ke DPKP PPU

Pj Bupati PPU Serahkan 6 Unit Mobil Damkar ke DPKP PPU

PENAJAM, Infobanua.co.id – Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun, menyerahkan 6 unit mobil damkar kepada Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) PPU berjenis blangwir dan water supply.

Ia mengungkapkan, sempat kesulitan untuk mendapatkan mobil damkar saat situasi kebakaran hutan diawal masa jabatannya,

Sehingga pemerintah daerah  melakukan peminjaman mobil damkar dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

“Artinya saya tidak mau tahu, dalam waktu sepuluh menit tim damkar harus sudah ada di lokasi kejadian, berarti kan mobil harus ada yang dekat di masyarakat, nah saya minta jangan bikin mobil yang besar-besar banget seperti yang 4.000 liter ini kan bisa jadi begitu ada kebakaran lansung bergerak karena lincah,” jelasnya.

Lanjutnya, melihat kondisi geografis wilayah Benuo Taka, tidak terlalu besar sehingga lebih membutuhkan mobil yang kecil agar pergerakannya lebih lincah dan cepat.

“Jadi kalo sudah yang mobil yang kecil bergerak mobil yang besar tinggal menyusul saja, artinya kecepatan itu harus bisa, kecuali kita punya keran air tetapi ini kan belum, berarti ini kan tergantung dari kesiapa armadanya jadi armadanya yang kita buat,” ucap Marbun

Kendati demikian, unit baru mobil damkar ini akan diproyeksikan kepada Kelurahan yang ada di Banuo Taka sehingga lebih dekat dengan masyarakat.

“Nanti saya mau simpan di Kelurahan dan Desa, melihat dari kepadatan penduduknya, makanya nanti akan dipetakan dulu daerah yang bedekatan,” tandasnya. (Adv)

Bagikan:

Iklan