infobanua.co.id
Beranda KALTENG Kreativitas Pelajar Gelar Seni Budaya Diapresiasi Pemprov

Kreativitas Pelajar Gelar Seni Budaya Diapresiasi Pemprov

PALANGKA RAYA – Sebagai bagian dari komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya daerah, Pagelaran Seni Budaya menjadi program rutin yang dilaksanakan setiap bulan.

Kali ini, gelar seni budaya bertemakan “Apresiasi Karya Seni Pelajar” berlangsung di UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah, Jalan Temanggung Tilung XIII, Kota Palangka Raya, pada Jumat malam (12/7/2024).

Acara tersebut dimeriahkan oleh berbagai sanggar seni, di antaranya Sanggar Sangiang Bohombit Murung Raya, Sanggar Seni Budaya Al-Ghazali Palangka Raya, Sanggar Seni SMP Negeri 2 Palangka Raya, Sanggar Tingang Pahunjung Tarung Kapuas, SLB Negeri 1 Palangka Raya, dan KAALIILAA Production.

Dalam laporan yang dibacakan oleh Kepala UPT Taman Budaya Provinsi Kalimantan Tengah, Wildae D Binti, atas nama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah Adiah Chandra Sari, dijelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan dan mencintai seni budaya yang dimiliki oleh daerah Kalimantan Tengah, serta memberikan apresiasi bagi para pelaku seni yang berasal dari kalangan pelajar.

“Selamat datang dan terima kasih kepada masyarakat Kalimantan Tengah atas kedatangan dan kehadirannya untuk menyaksikan pagelaran seni budaya ini,” ucap Wildae D Binti.

Sementara itu, dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten Setda Provinsi bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sri Widanarni, Gubernur Kalteng menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pagelaran seni budaya ini.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan perwujudan karya dari para seniman daerah Kalimantan Tengah.

“Dalam rangka mempertahankan eksistensi kebudayaan bangsa, dibutuhkan peran serta dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, terutama para penggiat seni dan budaya. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sendiri terus berupaya dengan memberikan perhatian yang cukup besar terhadap pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah yang merupakan bagian integral dari kebudayaan nasional,” ujarnya.

Sri Widanarni juga berharap, kegiatan ini dapat menggugah dan memberikan motivasi bagi para pengelola sanggar untuk lebih giat dalam membangun dan meningkatkan kreativitas seni budaya Kalimantan Tengah.

“Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana Gelar Seni Budaya ini. Semoga kegiatan ini menjadi sarana yang dapat mendorong dinamisasi seni sehingga lebih bermakna, yang pada gilirannya mampu meningkatkan kontribusi dalam pembangunan daerah dan dalam koridor ekonomi kreatif, dengan menempatkan seni sebagai salah satu pilar utama,” jelasnya.

Pagelaran Seni Budaya ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam mengukuhkan seni budaya Kalimantan Tengah, sekaligus menjadi ajang apresiasi bagi para pelajar yang berkontribusi dalam mempertahankan kekayaan budaya lokal.

Bagikan:

Iklan