infobanua.co.id
Beranda Daerah Sempat Patah dan Roboh, Jembatan Akses Menuju SMA 1 Bayang di Pessel Rampung Dikerjakan

Sempat Patah dan Roboh, Jembatan Akses Menuju SMA 1 Bayang di Pessel Rampung Dikerjakan

Jembatan akses menuju SMA 1 Bayang, tepatnya di Kampung Talaok, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, telah rampung dikerjakan oleh pemerintah setempat.

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Sempat patah dan roboh pada tahun 2022 lalu, kini jembatan akses menuju SMA 1 Bayang, tepatnya di Kampung Talaok, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, telah rampung dikerjakan oleh pemerintah setempat.

“Alhamdulillah, akses jembatan menuju SMA 1 Bayang telah selesai kita kerjakan, “kata Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Pessel, Fharesi Eka Siska.

Dia menerangkan, jembatan tersebut patah dan roboh pada tahun 2022 lalu akibat diterjang arus sungai dan banjir. Namun, baru selesai dan rampung dikerjakan pada tahun ini. Hal itu disebabkan, kerena kerusakan jembatan cukup parah.

“Kerusakan jembatan cukup parah terutama dibagian pondasi ada yang patah. Jadi, mesti dibangun mulai dari pondasinya agar kokoh dan kuat, “ujar Eka.

Karena kerusakan terlalu parah sambung Eka, ditambah lagi keterbatasan anggaran, dikerjakanlah pebangunannya dengan dua tahap pengerjaan atau dua tahun mata anggaran.

Pengerjaan pertama dilaksanakan pada tahun 2023 lalu, dimana dianggarkan untuk pembangunan pondasi jembatan sebesar Rp690,8 juta, dan dilanjutkan ditahun 2024 untuk membangun bagian atas jembatan sebesar Rp759,5 juta.

“Total keseluruhannya Rp1,45 miliar yang bersumber dari dana APBD,”katanya.

Selain jembatan, pemerintah daerah melalui Dinas PU juga telah melakukan pengaspalan jalan di Kampung Talaok Bayang menuju SMA 1 Bayang pada tahun 2022 lalu.

“Ya, untuk akses jalan juga sudah diaspal pada tahun 2022 lalu sepanjang 2.0 Km, dengan total anggaran sekitar Rp2 miliar melalui dana APBD, “ungkapnya.

Lanjutnya, dengan selesainya pembangunan infrastruktur jembatan dan akses jalan di Talaok Bayang tersebut, diharapkan dapat mempermudah aktivitas masyarakat terutama bagi anak-anak sekolah.

Kemudian, juga bisa dimanfaatkan dan mampu menjadi penunjang dan kelancaran akses bagi petani setempat, sehingga terwujudnya peningkatan ekonomi disektor pertanian sesuai dengan target pembangunan yang dicanangkan oleh Bupati Rusma Yul Anwar.

“Kita berharap dengan dibangunnya jembatan dan akses jalan itu, dapat membantu dan memperlancar akses masyarakat serta mampu menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat setempat. Terutama disektor pertanian sesuai target dan tujuan pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintahan Bupati Rusma Yul Anwar, ” tutupnya.

IB

Bagikan:

Iklan