infobanua.co.id
Beranda Nunukan PWI Nunukan Gelar Porwakab Pertama, Wartawan Siap Bersaing di Ajang Olahraga

PWI Nunukan Gelar Porwakab Pertama, Wartawan Siap Bersaing di Ajang Olahraga

Kalimantan Utara, bersatu dalam wadah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk menggelar Pekan Olahraga Wartawan Kabupaten (Porwakab).

Nunukan, infobanua.co.id- Untuk pertama kalinya, wartawan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, bersatu dalam wadah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk menggelar Pekan Olahraga Wartawan Kabupaten (Porwakab). Acara ini diadakan sebagai persiapan menuju Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV.

Dengan tema “Ukir Prestasi Menuju Porwanas ke XIV”, acara pembukaan Porwakab dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Wakil Ketua KONI Kabupaten Nunukan, pimpinan Radio Republik Indonesia (RRI) Nunukan, seluruh anggota PWI, dan penasehat PWI Nunukan seperti Rusman, Gazalba Tahir, Yusuf Palimbongan, dan Nirwan Hasan.

Antusiasme tinggi terlihat dari puluhan wartawan berbagai media di Nunukan yang siap berkompetisi dalam dua cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu badminton dan futsal. Kompetisi ini akan berlangsung dari 12 hingga 14 Juli 2024.

Yusuf Palimbongan Penasehat PWI Nunukan Provinsi Kalimantan Utara

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Nunukan, Alamsyah, menyatakan bahwa persiapan pelaksanaan Porwakab sudah mencapai 90 persen. Pada Kamis (11/7/2024), panitia penyelenggara telah mengadakan Technical Meeting (TM) yang dihadiri oleh pengurus dan komisi wasit dari Persatuan Badminton Seluruh Indonesia (PBSI) Nunukan dan Asosiasi Futsal Kabupaten (AFKAB) Nunukan.

“Kami telah memberikan pemahaman kepada setiap peserta agar pelaksanaan Porwakab pertama ini dapat berjalan dengan fair play, profesional, serta menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan di antara sesama wartawan,” ujar Alamsyah.

Alamsyah juga menyampaikan bahwa kegiatan Porwakab ini mendapat dukungan penuh dari PBSI Nunukan, AFKAB Nunukan, dan Komisi Wasit Nunukan. Ketiga organisasi ini terlibat dalam pelaksanaan Porwakab, mulai dari pra acara hingga pasca acara.

“Kami berharap para peserta yang telah terbagi dalam bagan pertandingan pada TM bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kami juga ingin berterima kasih kepada PBSI, AFKAB, dan Komisi Wasit yang sudah terlibat langsung dalam TM serta berkontribusi menyusun bagan pertandingan,” tambahnya.

Ketua PWI Kalimantan Utara, Nicky Saputra, menyampaikan apresiasinya kepada jajaran PWI Nunukan yang telah secara aktif terlibat dalam kegiatan keolahragaan, khususnya dalam mempersiapkan atlet SIWO untuk berlaga di Porwanas XIV di Kalimantan Selatan.

“Tentu ini langkah yang baik atas inisiatif dan program dari teman-teman di PWI Nunukan. Kami di PWI Kaltara sangat mengapresiasi kinerja teman-teman. Terus bangun sinergitas yang baik dengan semua pihak, terutama dengan KONI Nunukan sebagai induk organisasi olahraga di Nunukan,” ujar Nicky.

Sementara itu, Ketua SIWO PWI Kaltara, Eliazar Simon, juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Porwakab pertama ini. Dia berharap agar semua peserta bisa menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding.

“SIWO PWI Nunukan sudah menunjukkan eksistensi sebagai bagian dari PWI Nunukan dan anggota fungsional di KONI Nunukan. Semoga Porwakab ini menjadi cikal bakal bagi SIWO PWI Nunukan untuk lebih aktif berkegiatan,” ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksanaan Porwakab ke-I PWI Nunukan, Asrullah, menjelaskan bahwa hasil TM untuk cabang olahraga badminton akan mempertandingkan tiga kategori: Tunggal Putri dengan enam peserta, Tunggal Putra dengan 13 peserta, dan Ganda Putra dengan 10 pasangan. Sementara untuk futsal, telah dibagi menjadi tiga tim yang masing-masing terdiri dari delapan hingga sembilan pemain.

“Dengan jumlah komposisi pemain, kami hanya membuka tiga tim untuk futsal. Sedangkan untuk badminton, kami membuka tiga kategori pertandingan yaitu Tunggal Putri, Tunggal Putra, dan Ganda Putra,” jelas Asrullah.

(yuspal)

Bagikan:

Iklan