Categories: DPR

Pansus III DPRD Kalsel Kunjungi BAPPEDA Jatim Terkait Raperda Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah

Surabaya – Kunjungan kerja Pansus III Raperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Kalsel tahun 2025 – 2045, datangi Bappeda Provinsi Jawa Timur Surabaya 15/7/2024.
Adapun tujuan kedatangan Pansus III DPRD Kalsel ini adalah dengan maksud dan tujuan untuk memperkaya informasi terkait dengan Peraturan Daerah tentang RPJPD ( Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah ) , bagaimana pelaksanaan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah di Jawa Timur dan Juga isu isu strategis yang dibahas dalam RPJPD 2025 -2045 Provinsi Jatim. Serta seperti apa perencanaan pembangunan yang akan di siapkan oleh Provinsi Jawa Timur.

Pansus III DPRD Kalsel di terima oleh Kepala BAPPEDA Provinsi Jawa Timur, Ir. Mohammad Yasin, M.Si dan Sri Muti’atun Sintawati, S.T, M.MT, Plt. kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.
” Tahapan penyusunan RPJPD di mulai pada bulan Oktober 2023 , Forum Konsultasi Publik, penyempurnaan rancangan awal, konsultasi Kemendagri, penyampaian ke DPRD, nota kesepakatan DPRD, penyelesaian RPJPD, musrembang, perumusan akhir, penyampaian ranperda, persetujuan bersama ranperda dan penetapan ranperda di bulan Agustu 2024 ” ujar Sri Mutia’tum Sintawati , S.T, M.MT, menjelaskan proses RPJPD.
” Adapun isu-isu strategis RPJPD Di Jatim adalah penguatan ekonomi daerah melalui peningkatan produktivitas, daya saing dan daya tambah sumber daya lokal. Peningkatan ketersediaan infrastruktur yang berkelanjutan serta pemenuhan kebutuhan dasar dan sosial dasar ” tambah beliau lagi.

Keselarasan kabupaten/ kota harus harus terbina dengan Provinsi sehingga apa yang diingin kan pusat dapat terealisasi nantinya.
” Pada prinsip kita berjalan lancar, pada tahap awal penyusunan misi kabupaten/ Kota harus selaras dengan provinsi, sehingga misi daerah tidak ada perbedaan dengan provinsi ” ujar Kepala BAPPEDA Kalsel, Dr.IR. Ariadi Noor, M, Si.

Ketua Pansus III DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, H.Gusti Abidinsyah, S.Sos, M.M sangat senang atas kunjungan di BAPPEDA Jatim ini , karena dapat masukan masukan yang akan diterapkan di RPJPD Kalimantan Selatan yang akan di terapkan 20 tahun kedepan nantinya.
” Alhamdulillah hari ini kita di temui oleh Kepala BAPPEDA, Mohammad Yasin, banyak hal yang bisa kita ambil, yaitu yang jelas tidak ada yang bisa kita lakukan selain kita harus sama seperti yang di lakukan oleh pusat, sehingga ada penyelarasan dan yang menjadi kendala saat ini akan kita selaraskan dengan kabupaten , sehingga tidak akan menghambat tercapainya target nasional ” jelas H.Gusti Abidinsyah, S.Sos, M.M.(Agus/Humas).

infobanua

Recent Posts

Telkomsel Raih Dua Penghargaan Internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 untuk Kategori Inovasi Automation dan Gaming

  Telkomsel mendapatkan pengakuan internasional dari Asian Technology Excellence Awards 2024 dengan "Indonesia Technology Excellence…

59 menit ago

Proyek Perdamaian di 170 Negara : HWPL Merayakan Satu Dekade Komitmen Global untuk Perdamaian

infobanua.co.id - Dimulai pada tanggal 18 September 2024, HUT ke-10 KTT Perdamaian Dunia HWPL dirayakan…

1 jam ago

Luar Biasa Personel Polsek Bangko Ungkap Peredaran Narkotika Jaringan Internasional

infobanua.co.id ROHIL - Patut diacungi jempol jajaran personel polsek bangko ungkap kasus Tindak Pidana Narkotika…

1 jam ago

Dewan Pers dan KemenPPPA Susun Pedoman Pemberitaan Kekerasan Seksual

Banjarbaru, infobanua.co.id – Dewan Pers, berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, sedang…

2 jam ago

Nol Desa Tertinggal, Desa Awang Bangkal Barat Contoh Desa Mandiri Berpotensi di Kalsel

Banjarbaru, infobanua.co.id - Kolaborasi antara pemerintah dan swasta/ lembaga non pemerintah disertai dengan komitmen masyarakat…

3 jam ago

Indosat Ooredoo Hutchison Group dan Accenture Dorong Percepatan Kedaulatan AI Cloud untuk Gerakkan Masa Depan Digital Indonesia

Jakarta, 17 September 2024 - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, melalui anak usahanya Lintasarta, telah menjalin…

3 jam ago