infobanua.co.id
Beranda KOTABARU Puluhan Tanaman Kecubung Ditemukan di Kotabaru, Aksi Cepat Tim Gabungan Hancurkan Tanaman Berbahaya

Puluhan Tanaman Kecubung Ditemukan di Kotabaru, Aksi Cepat Tim Gabungan Hancurkan Tanaman Berbahaya

Kotabaru, infobanua.co.id – Warga Desa Gunung Ulin di Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, gempar setelah menemukan tanaman kecubung yang dikenal berbahaya dan sering viral di media sosial karena potensinya yang memabukkan jika dikonsumsi manusia. Temuan ini dilaporkan oleh Kepala Desa kepada Bhabinkamtibmas setempat.

Merespons laporan tersebut, Kapolres Kotabaru AKBP Doli M Tanjung, S.I.K., segera menginstruksikan Kasat Narkoba AKP Febe Supriadi dan Kasat Binmas IPTU Mujiyanto untuk memeriksa lokasi. Bersama dengan anggota Tim Pyton Saijaan Sat Narkoba, Sat Samapta, dan Sat Binmas, mereka mendatangi kebun yang dilaporkan dengan didampingi oleh Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan Kepala Desa Gunung Ulin.

Setelah melakukan apel kesiapan di Balai Desa Gunung Ulin, tim segera menuju lokasi kebun dan menemukan puluhan tanaman kecubung yang tumbuh subur. Untuk mencegah potensi penyalahgunaan, tim gabungan segera memusnahkan tanaman-tanaman tersebut dengan cara menebang, mencabut, dan membakarnya di tempat.

Kasat Binmas dan Kasat Narkoba kemudian memberikan himbauan kepada warga agar segera memusnahkan tanaman kecubung di pekarangan atau kebun mereka untuk menghindari risiko penyalahgunaan. IPTU Mujiyanto juga menegaskan bahaya serius yang ditimbulkan oleh tanaman ini jika dikonsumsi, termasuk efek memabukkan dan halusinasi berat yang dapat membahayakan nyawa.

Pemilik kebun, Pak Tri, menuturkan bahwa tanaman kecubung di kebunnya tumbuh liar tanpa ditanamnya. Setelah mengetahui dari media bahwa tanaman tersebut berbahaya, ia segera melaporkannya kepada Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas untuk tindakan lebih lanjut.

Kejadian ini menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya tanaman kecubung dan peran aktif aparat dalam menjaga keamanan serta kesehatan lingkungan. (JL)

Bagikan:

Iklan