Categories: BANJAR

Perkuat Sinergi Pemerintah Daerah dan Perusahaan, Bappedalitbang Luncurkan SI PULANTAN

Martapura, infobanua.co.id – Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar meluncurkan inovasi baru bernama SI PULANTAN (Sistem Informasi Pembangunan Berkelanjutan).

 

Inovasi ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara pemerintah dan perusahaan dalam melaksanakan tanggung jawab sosial mereka, guna mendorong pembangunan daerah yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar. Kasubbid Ekonomi pada bidang Ekonomi dan Sda, Gusti Rizki Azhari, mensosialisasikan SI PULANTAN dilakukan melalui website resmi Bappedalitbang.

 

Dalam keterangannya kepada media informasi Bappedalitbang, Rabu (17/7/2024) Rizki menjelaskan,  SI PULANTAN dirancang sebagai bentuk sinergitas antara pemerintah dengan stakeholder dalam hal ini pelaku usaha keselarasan tujuan pembangunan berkelanjutan dengan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Platform ini memungkinkan perusahaan untuk berperan sebagai mitra strategis pemerintah dalam upaya pembangunan daerah.

 

Menurutnya sinergi ini sangat penting. “Dengan adanya SI PULANTAN, kita dapat mengoptimalkan peran perusahaan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, sehingga kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar dapat tercapai,” ujarnya.

 

Sosialisasi yang dilakukan melalui website Bappedalitbang ini mencakup berbagai fitur utama SI PULANTAN, pertama,  Kolaborasi dan Kemitraan: Platform ini memfasilitasi kolaborasi antara pemerintah dan perusahaan dalam merencanakan serta melaksanakan proyek-proyek pembangunan dan, Kedua,  Laporan dan Evaluasi: SI PULANTAN sebagai alat untuk membuat laporan dan evaluasi serta  bahan kebijakan  yang diambil kedepannya  terhadap kesejahteraan masyarakat.

Rizki mengajak perusahaan untuk aktif berpartisipasi dalam forum tersebut. “Kami mendorong para pelaku usaha di Kabupaten Banjar untuk memanfaatkan forum ini sebagai sarana bertukar pikiran dan pengalaman dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial yang efektif, tepat sasaran dan berdampak positif,” tambahnya.

 

Hasil dari sosialisasi SI PULANTAN mendapatkan tanggapan positif. Para peserta mengapresiasi Langkah sinergitas ini. Salah satunya Rumah Sakit Pelita Insani.

 

RS Pelita Insani, menyatakan bahwa SI PULANTAN diharapkan membantu dalam mengelola dan memantau program TSP mereka. “Dengan SI PULANTAN,  peran serta TSP dapat  tercatat dengan baik  Ini sangat membantu dalam memastikan program kami berjalan efektif dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” ujar Yudi.

 

Sementara itu Kepala Bappedalitbang dalam wawancara terpisah mengatakan sangat mendukung inovasi SI PULANTAN.

 

“Saya sangat mendukung terhadap aksi perubahan Sistem Informasi Pembangunan Berkelanjutan bagi pelaku usaha ini. SI PULANTAN diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pelaksanaan program TSP dan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Banjar,” tuturnya.

 

Bappedalitbang berkomitmen untuk terus membuat Langkah baru dalam memberikan pelayanan di bidang perencanaan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Para pelaku usaha di Kabupaten Banjar diundang untuk mengunjungi website resmi Bappedalitbang dan memanfaatkan SI PULANTAN sebagai bagian dari tanggung jawab sosial mereka dalam mendukung pembangunan daerah.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024, Bukti Kesuksesan Penataan Transportasi

Jakarta, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Wahana Tata Nugraha…

6 jam ago

Lima Presidium KAI Kalsel Resmi Dilantik, Siap Angkat Kembali Marwah Organisasi

Banjarmasin, infobanua.co.id – Setelah melalui proses panjang dan intensif, Konferensi Daerah Luar Biasa Kongres Advokat…

7 jam ago

Wali Kota Banjarbaru Raih Tiga Penghargaan Nasional dalam Sepekan, Terbaru Wahana Tata Nugraha 2024

BANJARBARU, infobanua.co.id – Dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, Wali Kota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti…

8 jam ago

Bapaslon Mudyat-WIN Silatuhrami di Desa Giriumukti

PENAJAM, Infobanuo.co.id - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara…

11 jam ago

Sekda Nunukan Resmi Buka Kegiatan Advokasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG)

NUNUKAN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan kembali menunjukkan komitmen seriusnya dalam mempercepat pengarusutamaan gender. Senin…

12 jam ago

DPRD Kotim Dukung Pasar Murah di Gelar Rutin

Sampit, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sementara, Rinie mendukung penuh jika Pemerintah Kabupaten…

13 jam ago