infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penajam Paser Utara Dinas Ketahanan Pangan PPU Klaim Ketersediaan Beras Hingga 5 Bulan Kedepan

Dinas Ketahanan Pangan PPU Klaim Ketersediaan Beras Hingga 5 Bulan Kedepan

PENAJAM Infobanua.co.id – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mengklaim ketersediaan cadangan komoditas beras daerah pada periode 2024 mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat Benuo Taka.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Arief Murdiyatno menyatakan, cadangan pangan tersebut sangat mencukupi kebutuhan konsumsi lokal. Ia mencatat berdasarkan perhitungan statistik, bahwa produksi lokal hingga saat ini mencapai 5.000 ton.

“Kalau untuk proyeksi ketersediaan ini bisa 4 sampai dengan 5 bulan kedepan masih amanlah untuk mencukupi kebutuhan 196.000 orang di PPU,” ucapnya. Kamis (18/07/2024).

Arief Murdiyatno menjelaskan, kebutuhan beras dalam setahun mencapai 3,1 Kilogram (Kg) perkapita, sehingga jika diakumulasikan kebutuhan beras untuk masyarakat PPu mencapai 500 ton sampai dengan 800 ton.

“Karena kita surplus kan tidak hanya untuk mencukupi kita aja, sisahnya kita keluarkan juga untuk dijual ke bulog, keperusahaan atau di jual kepedagang yang memang mengambil beras dari kita,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk saat ini pihaknya tidak mengalami masalah mengenai ketersediaan beras untuk masyarakat PPU.

“Karena memang secara budidaya kita memang kendala kita di Pulau Kalimantan atau PPU khususnya, itu memang budidaya kita itu masih tergolong biaya tinggi, karena faktor geografi atau faktor alam yang tidak bisa kita pungkiti,” kata Arief.

“Kita curah hujan tinggi kemudian PH tanah atau PH airnya asam, rendah sekali ini memerlukan perlakuan yang membutuhkan biaya lebih jadi itu yang menjadi kendala,” tandasnya. (is/ib/adv)

 

Reporter : Ipan Saputra
Editor : Syahid Rahman

Bagikan:

Iklan