infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Kesbangpol Tanbu Kunjungi Tokoh Panutan dengan “Door To Door”

Kesbangpol Tanbu Kunjungi Tokoh Panutan dengan “Door To Door”

BATULICIN – Dalam rangka menjaga keamanan, ketertiban umum, dan kerukunan masyarakat. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tanah Bumbu mengunjungi sejumlah tokoh panutan masyarakat. Kunjungan ke tokoh panutan masyarakat ini merupakan inovasi “Door to Door” Bakesbangpol Tanah Bumbu.

“Hari ini, Kami kembali mengunjungi beberapa tokoh panutan masyarakat,” kata Kepala Bakesbangpol Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri. Melalui Kasubbid Kewaspadaan Dini dan Penanganan Konflik Sosial, Fatmadi Anas, Kamis (18/7/2024).

Beberapa tokoh yang telah di kunjungi yaitu Pimpinan Majelis Taklim Mujahid Pagatan. Badan Musyawarah Antar Gereja, Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa dan Kepala Adat Bali Desa Wanasari.

Salah satu tokoh menyambut baik dengan adanya inovasi “Door to Door” ini. “Semoga program ini terus berlanjut dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat luas” ucapnya.

Fatmadi Anas mengatakan kegiatan yang di lakukan ini merupakan langkah proaktif dalam menjaga stabilitas dan harmoni di tengah masyarakat. “Kita ingin mendengarkan langsung aspirasi dari tokoh-tokoh yang mereka hormati. Dengan demikian, kita bisa mengambil langkah-langkah preventif yang lebih tepat sasaran. Selain itu menitip pesan untuk menyampaikan ke jamaahnya ketika acara majelis untuk selalu sama-sama menjaga keamanan. Tidak terprovokasi beredarnya berita hoax dan ujaran kebencian menjelang pilkada” ujarnya.

Kunjungan “door to door” dari tim Kesbangpol secara bergiliran mengunjungi rumah-rumah tokoh masyarakat, berdialog, dan mendengarkan masukan serta saran yang di berikan. Program ini juga di manfaatkan untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban umum.

Melalui kunjungan ini, harapnya masyarakat akan merasa lebih aman dan terlindungi. Selain itu, program ini juga di harapkan dapat meminimalisir potensi konflik dan memperkuat rasa kebersamaan.

Kegiatan “Door to Door” kunjungan Ketokoh Panutan Masyarakat ini akan di laksanakan secara rutin dan berkesinambungan. Fokus pada area-area yang di nilai rawan dan membutuhkan perhatian lebih.

Badan Kesbangpol juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kerukunan di lingkungan masing-masing.

“Dengan adanya program ini, harapannya Kabupaten Tanah Bumbu dapat menjadi contoh bagi daerah lain. Dalam mengimplementasikan pendekatan yang lebih humanis dan efektif dalam menciptakan masyarakat yang aman, tertib, dan harmonis,” Ujarnya.

Adapun inovasi “Door to Door” Kunjungan Ketokoh Panutan Masyarakat ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara pemerintah daerah dan masyarakat. Melalui kunjungan langsung ke rumah-rumah tokoh masyarakat yang di anggap sebagai panutan. Melalui pendekatan personal ini, di harapkan dapat terjalin komunikasi yang lebih baik. Serta pemahaman yang lebih mendalam tentang kondisi dan kebutuhan masyarakat di tingkat akar rumput. (. )

Bagikan:

Iklan