infobanua.co.id
Beranda TANAH BUMBU Dinkes Tanbu Gelar Rakoor PIN Polio

Dinkes Tanbu Gelar Rakoor PIN Polio

BATULICIN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu, menggelar Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Pekan Iminisasi Nasional (PIN) Polio. Bertempat di Ruang Integrasi Dinkes Tanah Bumbu, Kamis (18/07/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu dr. Muhammad Yandi Norjaya Jaya, membuka kegiatan di wakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan dr Arman Jaya Ricky.

KLB virus polio cVDPV2 sejak akhir 2022, masih saja di laporkan hingga saat ini yakni Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, serta yang terkini yaitu di Papua Tengah, Papua pegunungan dan Papua Selatan. Adapun status KLB Polio hingga kini belum di cabut oleh World Health Organisasion (WHO).

Indonesia berisiko tinggi khususnya Polio Tipe2, maka di laksanakan PIN Polio, sebagaimana riwayat terjadinya kasus Polio sebelumnya dan sebagai antisipasi pencegahan penyebaran kasus Polio.

Adapun respon KLB Polio yang terjadi di laksanakan imunisasi tambahan memakai nOPV2 (sesuai rekomendasi WHO).

Sasaran imunisasi yaitu anak usia 0-7 tahun dengan target cakupan minimal 95% (untuk masing-masing putaran atau dosis).

Pertemuan koordinasi PIN Polio ini, di landasi oleh Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tentang PIN, dalam rangka pencegahan KLB Polio dan di tindaklanjuti dengan Surat Instruksi dari Bupati Tanah Bumbu.

Di Indonesia, isu imunisasi merupakan hal yang masih di anggap sensitif, di mana kondisi di lapangan banyak menuai pro dan kontrak serta penolakan dari masyarakat dalam pelaksanaannya.

Sehingga di perlukannya koordinasi dengan lintas sektor untuk mencapai tujuan bersama, melalui program yang bisa menjangkau target sasaran. Serta dapat mencegah terjadinya kasus lumpuh layu atau Polio di masyarakat.

Tujuan pelaksanaan koordinasi ini, di upayakan dapat membantu terutama dalam pemenuhan tugas dan fungsi program kerja, sesuai peran instansi terkait.

“Diskusi terbuka ini, harapannya kita bisa fokus mensukseskan PIN Polio, sehingga bisa berjalan dengan lancar. Yang rencananya akan di laksanakan pada tanggal 23 Juli ini (tahap satu) dan dua minggu setelahnya,” katanya.

Kegiatan di hadiri oleh, lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah, pengurus Puskesmas dan para Camat.

“Tanah Bumbu dari cakupan PIN Polio sebelumnya, tidak terlalu maksimal, sehingga masuk kabupaten berisiko terdampak Polio. Sehingga kita bersama bisa mencegah kejadian Polio di daerah,” tutupnya.

Selanjutnya penyampaian materi diskusi, di sampaikan oleh Wenti Setia Anggraini selaku Kabid Pengendalian Penyakit ( P2P ). (. )

Bagikan:

Iklan