Categories: KALTARA

Pawai Budaya Nunukan, Merawat Keberagaman Budaya di Perbatasan

Nunukan – Dengan mengusung tema “Merawat Keberagaman Budaya di Perbatasan”, Pemerintah Kabupaten Nunukan menggelar pawai budaya untuk menyemarakkan HUT ke-25 Kabupaten Nunukan, Sabtu (20/07/2024).

Menampilkan keragaman Budaya, Adat Istiadat, Kabupaten Nunukan ingin menunjukkan bahwa kesatuan dalam kemajemukan dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencapai Kabupaten Nunukan yang maju dan sejahtera dengan kesamaan Visi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya peserta Pawai Budaya tahun ini diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai sekolah, instansi, organisasi masyarakat dan komunitas lainnya, ini menggambarkan keanekaragaman yang terjalin apik di Bumi Penekindi Debaya ini.

Masyarakat Kabupaten Nunukan yang terdiri dari beragam suku, etnis, budaya, dan agama dapat hidup berdampingan dengan toleransi yang tinggi, terlihat raut wajah gembira dari Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah bersama Ketua TP PKK Kabupaten Nunukan, Hj. Sri Kustarwati, Ketua DPRD kabupaten Nunukan Hj.Leppa beserta tamu undangan lainnya saat melambaikan tangan kepada seluruh peserta yang melewati tenda kehormatan di garis start.

Pawai budaya ini menjadi salah satu event yang ditunggu-tunggu masyarakat. Sepanjang rute mulai dari Jalan lingkar Pelabuhan Tunon Taka, Jl. Tien Soeharto Jl. Pattimura Jl. A. Yani Alun-Alun-JI. Yos Sudarso, kemudian Finish di Jl. Bahari Tanah Merah dipadati oleh puluhan ribu penonton lintas usia yang tampak antusias menikmati pawai. Ini membuktikan event yang digelar menjadi magnet bagi masyarakat kabupaten Nunukan.

Tingginya antusiasme masyarakat menjadi sebuah indikasi adanya perputaran roda ekonomi pada gelaran ini. Ratusan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dipastikan meraup rezeki, mulai jasa penyewaan pakaian adat, tata rias, dekorasi, transportasi hingga kuliner dalam berbagai skala.

 

Berakhir di Tanah Merah, seluruh peserta disambut oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura dan para tamu lainnya, tak menyia-nyiakan waktu yang ada, setiap peserta yang akan melintas di depan tenda kehormatan menuju garis finish akan menyajikan yel-yel terbaikny dan menampilkan beragam atraksi yang mengundang decak kagum para penonton dan senyuman dari Bupati Laura beserta tamu lainnya. (Yuspal/Hms)

infobanua

Recent Posts

Anggota DPRD PPU Optimis Serapan APBD Tercapai

PENAJAM, Infobanuo.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) optimis serapan…

43 menit ago

Hutang dan Mentalitas Bangsa

Oleh: Pribakti B   Pada dasarnya tak satu pun manusia di alam semesta ini yang…

3 jam ago

Pimpinan DPRD Kapuas Resmi Dilantik dan Diambil Sumpahnya PP

Kapuas, infobanua.co.id - Pimpinan DPRD Kabupaten Kapuas priode 2024 - 2029 resmi dilantik dan diambil…

3 jam ago

H. Hanafiah Gagaskan Prestasi dan Kerja Keras dalam Kampanye

Nunukan, infobanua.co.id– Dalam rangka pemilihan kepala daerah pada 26 November 2024, H. Hanafiah, calon Wakil…

6 jam ago

Kaltara Berikan Keringanan Pajak Kendaraan untuk Masyarakat

Nunukan, infobanua.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, melalui Kepala UPTD Bapenda, mengumumkan keringanan bagi masyarakat terkait…

6 jam ago

UPTD Nunukan Optimalkan Pajak Kendaraan Melalui Inovasi

Nunukan, infobanua.co.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, melalui Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) Bapenda Kelas A…

6 jam ago