Categories: BANJAR

Pasayangan Selatan Tuan Rumah Pelaksanaan PIN 2024

Martapura, infobanua.co.id – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Banjar yang dipusatkan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Kecubung Desa Pasayangan Selatan, Kecamatan Martapura, Selasa (23/7/2024) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Yasna Khairina menjelaskan, kegiatan merupakan gelombang pertama yang dilaksanakan selama seminggu di wilayah puskesmas di Kabupaten Banjar, dibantu pihak terkait yang mensukseskan PIN.

“Semoga target dapat terlaksana 100 persen, meski target nasional 95 persen. Kami berharap dukungan semua pihak bukan unsur kesehatan saja, termasuk seperti Dinas Pendidikan agar program dapat terlaksana di pesantren-pesantren. Kemudian peran aparat desa juga sangat diperlukan karena melalui posyandu bisa tercapai apa yang diinginkan dari kegiatan PIN serta diharapkan peran serta masyarakat aktif datang sendiri ke posyandu,” ujar Yasna.

Pambakal Pasayangan Selatan H Muhammad Thoha menuturkan, kegiatan PIN juga bersamaan dengan kegiatan rutin posyandu. Ia sampaikan juga terimakasih atas dipercayanya Desa Pasayangan Selatan menjadi tuan rumah kegiatan PIN 2024 di Kabupaten Banjar.

Sementara Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, pencegahan penyakit polio dapat dilakukan dengan vaksin polio, karena sampai saat ini belum ada obat dan cara lain yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit tersebut.

Sehubungan dengan hal itu lanjut Saidi perlu dilakukan pemberian imunisasi secara masiv melalui PIN dengan cakupan tinggi merata guna transmisi virus polio.

Saidi mengajak orang tua yang memiliki anak usia 0 sampai 7 tahun untuk bersama-sama memberikan 2 tetes imunisasi polio sebagai ikhtiar untuk memberikan perlindungan agar terhindar dari penyakit polio dan mendukung pemerintah menghilangkan penyakit polio.

“Sukses PIN adalah tanggung jawab bersama semua pihak termasuk peran alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menginformasikan kegiatan imunisasi polio ini juga dilakukan di beberapa kecamatan ada yang sudah berjalan 100 persen.

Pada kegiatan PIN 2024 ini juga dilakukan sesi temu wicara dengan beberapa camat melalui zoom meeting dan juga ditandai dengan pemberian tetes imunisasi polio secara simbolis kepada 6 perwakilan peserta imunisasi.

Hadir pada kegiatan ini Ketua MUI Kabupaten Banjar H Muhammad Husein sekaligus sebagai tokoh ulama dan masyarakat, unsur pemerintahan Desa Pasayangan Selatan, kader posyandu dan sejumlah undangan.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024, Bukti Kesuksesan Penataan Transportasi

Jakarta, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Wahana Tata Nugraha…

6 jam ago

Lima Presidium KAI Kalsel Resmi Dilantik, Siap Angkat Kembali Marwah Organisasi

Banjarmasin, infobanua.co.id – Setelah melalui proses panjang dan intensif, Konferensi Daerah Luar Biasa Kongres Advokat…

6 jam ago

Wali Kota Banjarbaru Raih Tiga Penghargaan Nasional dalam Sepekan, Terbaru Wahana Tata Nugraha 2024

BANJARBARU, infobanua.co.id – Dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, Wali Kota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti…

8 jam ago

Bapaslon Mudyat-WIN Silatuhrami di Desa Giriumukti

PENAJAM, Infobanuo.co.id - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara…

11 jam ago

Sekda Nunukan Resmi Buka Kegiatan Advokasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG)

NUNUKAN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan kembali menunjukkan komitmen seriusnya dalam mempercepat pengarusutamaan gender. Senin…

12 jam ago

DPRD Kotim Dukung Pasar Murah di Gelar Rutin

Sampit, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sementara, Rinie mendukung penuh jika Pemerintah Kabupaten…

13 jam ago