Categories: Banjarbaru

Pekan Imunisasi Polio 2024, Banjarbaru Mulai Program Vaksinasi Massal untuk Anak-Anak

Banjarbaru, infobanua.co.id – Dalam upaya memastikan anak-anak di Banjarbaru tetap sehat dan terhindar dari ancaman virus polio, Pemerintah Kota Banjarbaru memulai pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024. Acara peluncuran dimulai di SDN 1 Guntung Paikat pada Selasa pagi (23/07/2024).

Wali Kota Banjarbaru, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum, Rahmah Khairita, secara simbolis memulai pemberian imunisasi kepada anak-anak. Rahmah menjelaskan pentingnya pelaksanaan imunisasi secara masif untuk memutus rantai penyebaran virus polio. “Di beberapa daerah dan pulau lain, telah terjadi kejadian luar biasa polio. Kami berkomitmen mencegah hal itu terjadi di Banjarbaru. Melalui pekan imunisasi ini, kami berharap semua anak di kota ini dapat menjadi sehat dan cerdas,” ujarnya.

Rahmah menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak dalam suksesnya kegiatan ini. “Imunisasi ini tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga memerlukan dukungan dari tenaga kesehatan, masyarakat, serta organisasi-organisasi seperti tim penggerak PKK dan kelurahan. Kerjasama ini sangat penting untuk memastikan setiap anak mendapatkan imunisasi,” tambahnya.

Kadinkes Kota Banjarbaru, Juhai Triyanti Agustina, mengungkapkan target sasaran imunisasi polio tetes adalah anak-anak usia 0 hingga 7 tahun 11 bulan 29 hari, dengan estimasi jumlah sasaran mencapai 38.991 anak. “Imunisasi putaran pertama dilaksanakan dari 23 Juli hingga 29 Juli 2024, diikuti dengan sweeping untuk memastikan semua anak yang belum divaksin pada putaran pertama,” jelas Juhai.

Lebih lanjut, Juhai menjelaskan jadwal imunisasi ke-2 yang akan dilaksanakan dari 6 Agustus hingga 12 Agustus 2024, dengan sweeping ke-2 dimulai pada 13 Agustus hingga 17 Agustus 2024. “Tempat pelaksanaan PIN Polio mencakup puskesmas, posyandu, sekolah, rumah sakit, dan pos-pos lainnya dengan target cakupan lebih dari 95% dari sasaran,” terangnya.

Yus/IB

infobanua

Recent Posts

Bupati Kotim Resmikan Serta Serahkan Sambungan Rumah Air Bersih 2 Kecamatan

Sampit, infobanua.co.id – Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di 2 kecamatan wilayah Selatan, Bupati Kotim…

54 menit ago

Beri Dukungan Cagub-Cawagub Jatim dan Cabup-Cawabup Nganjuk,DPC PDI-P Nganjuk Gelar Rakercabsus

Nganjuk, infobanua.co.id - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Kabupaten Nganjuk menggelar…

57 menit ago

Bank Kalsel dan UPZ Bakti Kolaborasi Percepat Penurunan Stunting di Barito Kuala dan Tapin

Banjarmasin, infobanua.co.id – Gizi buruk (stunting) merupakan masalah serius yang menghambat pertumbuhan anak-anak dan berdampak…

6 jam ago

XL Axiata Perkuat Jaringan 4G Siap Dukung Kesuksesan PON XXI 2024 di Aceh – Sumut

MEDAN, 7 SEPTEMBER 2024. PT. XL Axiata, Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan berkualitas guna…

7 jam ago

Anggota DPRD Kaltara Muhammad Nasir Fokus pada Peningkatan Ekonomi dan Pengawasan Tambang di Nunukan

Nunukan, infobanua.co.id – Baru saja dilantik, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara langsung menggelar…

7 jam ago

Bandar Tramadol dan Eximer Diduga Ada Deal Tangan Dengan Aparat Penegak Hukum Setempat dan Terkoordinir

infobanua, Jakarta - Penjualan obat tipe G golongan HCL diwilayah jl. Raya Penggilingan kecamatan cakung…

8 jam ago