infobanua.co.id
Beranda SUMATERA UTARA PT Soeloeng Laoet Ikuti Permentan Tentang Pedoman Budidaya Kelapa Sawit yang Baik

PT Soeloeng Laoet Ikuti Permentan Tentang Pedoman Budidaya Kelapa Sawit yang Baik

Sumut, Infobanua.co.id – PT Soeloeng Laoet Desa Sinah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai tetap mengikuti peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan nomor 131/Permentan/OT.140/12/2013 tertanggal 31 Desember 2013 tentang pedoman budidaya kelapa sawit yang baik.

Demikian disampaikan Humas PT Soeloeng Laoet, Ari saat dikonfirmasi kepada wartawan Jumat (26/7/2024) di Sei Rampah.

Lebih lanjut dijelaskannya, kami dari PT Soeloeng Laoet saat ini sedang melakukan pengendalian Gulma, seperti pengendalian gulma di piringan, pengendalian gulma di jalan pikul dan pengendalian gulma di jalanan, jadi kami selalu rutinitas melakukan perawatan dan pengracunan secara berkala di setiap blok.

“Kita melakukan perawatan lapangan dengan penyemprotan gulma-gulma yang mengganggu jalanannya produksi.
Produksi sangat penting karena menyangkut hidup banyak karya dan keluarga yang bergantung kepada permudah. Rumput dan gulma yang sudah disemprot dgn herbisida tidak bisa dimakan ternak,”ujar Ari.

Lanjut Ari, saat ini kami sedang melaksanakan penyemprotan herbisida secara bertahap, jadi areal yang penuh dengan rumput/gulma sudah kena penyemprotan dan tidak mungkin dikonsumsi oleh ternak lagi.

Ini sebenarnya pesan-pesan yang ingin disampaikan perusahaan kepada warga dan peternak, supaya ternak tidak memakan rumput yang sudah disemprot dengan herbisida yang bisa mengakibatkan kematian ternak sehingga merugikan warga/peternak dan bisa menyebabkan banyak masalah antara warga/peternak dengan perusahaan.

“Sebelum melakukan penyemprotan herbisida, kami dari PT Soeloeng Laoet terlebih dahulu melakukan pemasangan plang untuk menghimbau agar masyarakat peternak mengetahuinya dengan bertuliskan ‘Awas Racun’ sesuai KUHP Pasal 549 tentang dilarang menggembalakan ternak di areal perkebunan PT Soeloeng Laoet,”paparnya.

Masih kata Ari, harapan kami dari PT Soeloeng Laoet kepada para peternak lembu yang ada di Desa Sinah Kasih sekitarnya, mari kita lebih legowo dan menghargai apa yang telah menjadi keputusan perusahaan dan sesuai peraturan yang ada.

“Untuk kedepannya kami berharap masyarakat peternak bisa meningkatkan tata cara peternakan yang lebih maju serta dengan teknologi maju. PT Soeloeng Laoet berharap tetap dapat bersinergi dengan para peternak”pungkas Ari.

Ari

Bagikan:

Iklan