infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI SELATAN Meriah dan Bermakna, Peringatan Harganas ke-31 dan HAN ke-40 di HSS

Meriah dan Bermakna, Peringatan Harganas ke-31 dan HAN ke-40 di HSS

Penjabat Bupati Hulu Sungai Selatan Drs H. Hermansyah, MM bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Hj. Rusnawati Hermansyah, menghadiri kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40

Kandangan, infobanua.co.id – Pendopo Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) menjadi saksi meriahnya perayaan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 dan Hari Anak Nasional (HAN) ke-40 pada Senin, 29 Juli 2024. Acara yang penuh warna ini dihadiri oleh Penjabat Bupati HSS, Drs. H. Hermansyah, MM, dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten HSS, Hj. Rusnawati Hermansyah, serta berbagai tokoh penting dan masyarakat.

Perayaan ini diwarnai dengan berbagai suguhan menarik dari Forum Anak Kab HSS dan dihadiri oleh sejumlah pejabat serta undangan, termasuk Wakil Ketua II MUI Kab. HSS, Ustadz H. M Ubaidillah, perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Forkopimda HSS, Sekda Kab. HSS Drs. H. M Noor, M.AP, serta berbagai organisasi dan instansi terkait.

Dalam laporannya, Plt. Kepala Dinas PPKB PPPA Kab. HSS, Loutvie Rahmani, S.STP, mengungkapkan bahwa acara ini menampilkan berbagai intervensi yang telah dilakukan untuk menangani masalah anak, perempuan, dan keluarga. “Kami menampilkan program-program mulai dari kesehatan, administrasi kependudukan, bantuan sosial, hingga pembinaan keluarga sejahtera. Kami berharap, masyarakat yang menghadapi permasalahan dapat terbantu melalui program-program ini,” jelas Loutvie.

Program-program yang diperkenalkan mencakup kesehatan, administrasi kependudukan, bantuan sosial, pembangunan keluarga, keluarga berencana, perlindungan perempuan dan anak, pendidikan, UMKM untuk anak dengan nama SEMPURNA (Sehari Membeli Produk UMKM Anak), serta berbagai inisiatif lainnya untuk mendukung kemandirian masyarakat dan ketahanan keluarga.

Dalam sambutannya, Pj Bupati HSS, Drs. H. Hermansyah, MM, mengucapkan selamat memperingati Hari Anak Nasional ke-40 dan Hari Keluarga Nasional ke-31. “Tema Harganas tahun ini adalah ‘Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas’, sedangkan HAN mengusung tema ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’,” ujarnya.

Beliau menekankan pentingnya acara ini sebagai momentum untuk menggalang komitmen dari semua pihak—pemerintah, masyarakat, akademisi, swasta, media—untuk mewujudkan program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana. Pj Bupati juga mengingatkan pentingnya sinergi dalam mencegah stunting, merencanakan keluarga, serta menghindari gagal tumbuh dan gagal berkembang.

“Peringatan ini juga merupakan wujud pentingnya arti keluarga dalam memperkuat ketahanan nasional. Keluarga sebagai institusi terkecil dalam masyarakat adalah pondasi penting untuk pembangunan karakter bangsa,” tambahnya.

Pj Bupati menutup sambutannya dengan ajakan untuk menjadikan peringatan Hari Anak Nasional sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak anak. “Mari kita pastikan anak-anak kita tumbuh menjadi generasi yang berbudi luhur, cerdas, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Dil/IB

Bagikan:

Iklan