Categories: TAPIN

Pj Bupati Tapin Ungkap Rancangan Perubahan KUA-PPAS APBD 2024 dalam Rapat Paripurna

Rantau, infobanua.co.id – Penjabat Bupati Tapin, Muhammad Syarifuddin, mempresentasikan rancangan perubahan Kebijakan Umum APBD serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD Tapin 2024 dalam Rapat Paripurna DPRD Tapin pada Senin, 29 Juli 2024. Rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Tapin, H. Yamani, didampingi Wakil Ketua H. Midpay Syahbani, Hj. Heny Mustika, serta anggota DPRD lainnya.

Syarifuddin menjelaskan bahwa perubahan ini diperlukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan pembangunan terkini serta kebijakan pemerintah pusat. Ia menguraikan 14 prioritas pembangunan yang mencakup kawasan pendidikan IT, layanan kesehatan, optimalisasi diversifikasi pertanian, peningkatan investasi, dan pengembangan perkebunan rakyat.

Dalam rinciannya, Syarifuddin mengungkapkan bahwa pendapatan daerah direncanakan mencapai Rp2,8 triliun, meningkat Rp673 miliar dari anggaran awal sebesar Rp2,1 triliun. Sementara itu, belanja daerah dianggarkan sebesar Rp2,7 triliun, meningkat Rp107,8 miliar dari anggaran awal. “Dengan surplus anggaran sebesar Rp74,1 miliar, kami berharap dapat menutup defisit pembiayaan yang ada,” sebut Syarifuddin.

Tema pembangunan Kabupaten Tapin pada 2024 adalah “Pembangunan Pemerintahan dan Kualitas Daya Saing Masyarakat,” dengan fokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pemerintahan. Syarifuddin berharap anggaran yang ada dapat menjadi pondasi yang kuat untuk meningkatkan kualitas SDM dan pemerintahan, meskipun belum dapat memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat.

Ia juga menekankan perlunya DPRD Tapin untuk membahas dan menyetujui rancangan perubahan ini dalam nota dan kesepakatan bersama. “Saya berharap rancangan ini dapat diterima dan disetujui demi kemajuan daerah kita,” ujarnya.

(Fad/IB)

infobanua

Recent Posts

Pj Bupati HSS Hadiri Pembukaan Kalsel Expo 2024

Kandangan, infobanua.co.id – Pj Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, AP., M.AP, bersama Pj Ketua…

5 jam ago

MUI Kalsel Terima Kunjungan Tim Monitoring dari Pusat

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dewan Pimpinan dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Selatan menerima…

5 jam ago

Gubernur Kalsel Luncurkan Kurikulum Pelestarian Ekosistem Gambut

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, atau akrab disapa Paman Birin, meresmikan…

5 jam ago

Kalsel Expo 2024: Meriahkan Hari Jadi ke-74 Kalsel dengan Tema “Cinta Babussalam”

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, secara…

5 jam ago

Bupati Saidi Mansyur Resmikan Kantor Desa Pingaran Ulu, Tingkatkan Infrastruktur dan Partisipasi Masyarakat

MARTAPURA, infobanua.co.id - Bupati Banjar H Saidi Mansyur, didampingi Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas,…

6 jam ago

Banjar Expo 2024 Resmi Dibuka, Dorong Sinergi dan Kolaborasi untuk Kemajuan

MARTAPURA, infobanua.co.id - Bupati Banjar H Saidi Mansyur, bersama Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyi…

6 jam ago