infobanua.co.id
Beranda SUMATERA UTARA Pengaspalan Jalan Rusak Akibat Diterjang Banjir di Lengayang, Fahresi Eka Siska Sampaikan Hal Ini!

Pengaspalan Jalan Rusak Akibat Diterjang Banjir di Lengayang, Fahresi Eka Siska Sampaikan Hal Ini!

Info Banua–Rusak akibat diterjang banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, jalan yang baru saja selesai di ruas Medan Baik – Padang Panjang I, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mengalami kerusakan parah sepanjang 200 meter

Pasca kejadian itu, pengerjaan proyek pengaspalan jalan tersebut mendapat sorotan dan sempat viral di media sosial. Bahkan, menjadi bahan olok-olokan oleh beberapa oknum didaerah tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pesisir Selatan, Fahresi Eka Siska, menjelaskan bahwa kerusakan tersebut disebabkan oleh derasnya aliran air yang menggenangi dan menghantam badan jalan dalam waktu yang cukup lama.

“Arus banjir cukup deras dan berlangsung lama menghantam badan jalan. Sehingga mengakibatkan sebagian badan jalan rusak parah, “kata Eka pada wartawan Selasa (30/7/2024).

Karena dapat kritikan pengerjaan jalan terkesan asal-asalan, ia menegaskan bahwa secara teknis pengerjaannya telah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dan terlaksana dengan baik.

“Pekerjaan kami pastikan terlaksana dengan baik, namun karena arus sungai memang sangat deras di lokasi itu. Sehingga aspal yang baru selesai dikerjakan jadi mengelupas,” ucapnya.

Namun, kata dia, kondisi serupa tidak hanya terjadi di ruas Medan Baik – Padang Panjang namun juga di beberapa ruas jalan lainnya di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Untuk memperbaiki kerusakan jalan secara keseluruhan khususnya yang diakibatkan oleh banjir, diperkirakan dibutuhkan anggaran sebesar Rp48,1 miliar,” tutupnya Fahresi Eka Siska.

Diketahui, pengerjaan pengaspalan dilaksanakan pada 2023 oleh PT Dekky Karya Bestari yang merupakan salah satu perusahaan kontruksi terkemuka tidak hanya di Kabupaten Pesisir Selatan, namun juga Sumatera Barat.

PT Dekky Karya Bestari merupakan perusahaan yang terlibat dalam berbagai proyek konstruksi, termasuk juga rehabilitasi dan pemeliharaan jalan.

Bagikan:

Iklan