infobanua.co.id
Beranda Ekonomi Tingkatkan Kapasitas Infrastruktur Jaringan, Indosat Ooredoo Hutchison Siap Dukung Perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN

Tingkatkan Kapasitas Infrastruktur Jaringan, Indosat Ooredoo Hutchison Siap Dukung Perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN

Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Indosat menunjukkan kesiapannya dalam menghadirkan konektivitas dan pengalaman yang mengesankan (marvelous experience) bagi seluruh tamu negara. Dukungan ini dilakukan melalui penguatan infrastruktur jaringan serta ketersediaan produk dan layanan baik di wilayah IKN maupun kota penyangga seperti Balikpapan dan juga Samarinda.

Jakarta, 29 Juli 2024 – Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menunjukkan kesiapannya dalam menghadirkan konektivitas dan pengalaman yang mengesankan (marvelous experience) bagi seluruh tamu negara. Dukungan ini dilakukan melalui penguatan infrastruktur jaringan serta ketersediaan produk dan layanan baik di wilayah IKN maupun kota penyangga seperti Balikpapan dan juga Samarinda.

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, “Indosat siap mendukung kesiapan konektivitas di Ibu Kota Nusantara melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal pertama tahun 2024. Kami berupaya menjaga kelancaran konektivitas yang kuat dan merata sepanjang perjalanan dari kota penyangga hingga wilayah IKN. Upaya ini merupakan bentuk konsistensi terhadap komitmen dan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia.”

Saat ini, Indosat telah menyediakan jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN. Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84%. Sedangkan kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44%. Peningkatan kapasitas ini juga didukung oleh penguatan perangkat lunak (software) termutakhir yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Pengimplementasian teknologi AI ini memungkinkan Indosat mengantisipasi lonjakan trafik data dengan melakukan optimasi kapasitas antar BTS. Pada infrastruktur jaringannya, Indosat telah menerapkan teknologi akses radio termutakhir yang dapat menghasilkan efisiensi penggunaan energi secara signifikan dengan kinerja yang dapat diandalkan.

Tak berhenti di situ, dalam rangka persiapan Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, Indosat juga menambah sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) serta backbone fiber optic di wilayah IKN. Lebih lanjut, Indosat juga memiliki lebih dari 15 ribu BTS yang telah mencakup 89% populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100% populasi di Kota Samarinda. Kedepannya, Indosat terus menargetkan perluasan layanan baik bagi pelanggan perorangan maupun enterprise di Kalimantan.

Selain memastikan kesiapan jaringan, Indosat juga melayani kebutuhan basis pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan pelayanan pelanggan seperti dua Gerai IM3, 107 Mini Gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK, dan 31.508 outlet Tri, termasuk di kawasan IKN. Tujuannya, adalah untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Indosat di berbagai lokasi.

Tidak hanya itu, sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan Timur, Indosat telah berperan aktif dalam menggelar berbagai program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Melalui beberapa inisiatif seperti SheHacks Innovate 2024 yang diikuti para pelaku UMKM lokal, Indosat berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar IKN, termasuk program pelatihan digital dan pengembangan kapasitas masyarakat setempat.

Dengan berbagai inisiatif ini, Indosat kembali menegaskan peran aktifnya dalam menjembatani kesenjangan digital di Indonesia. Dukungan ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Ibu Kota Nusantara, untuk meraih manfaat dari kemajuan teknologi dan digitalisasi di Tanah Air.

Rel

Bagikan:

Iklan