Categories: Jawa Barat

Berbagai Output Program KKN Unsika Gelombang I Tahun Akademik 2024/2025 Telah Dihasilkan Oleh Para Peserta KKN

Karawang, infobanua.co.id – Bertempat di Aula Syekh Quro, Sabtu (10/8/2024) Universitas Singaperbangsa Karawang melaksanakan kegiatan penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 1 Tahun Akademik 2024/2025.

Ditutup langsung oleh Rektor Unsika Prof. Ade Maman Suherman, SH., MSc bersama Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang Samsuri ,M.M. (BAPPEDA) dan Perwakilan DPMD, Kepala LPPM Unsika Bapak Dr. Dayat Hidayat, serta Ketua Pelaksana KKN Unsika Bapak Rommy Andhika Laksono, M.P. dengan aksi simbolis yang mengadopsi pementasan pewayangan yaitu “Tutup Lawang Sigotaka”, Senin (12/8/2024).

Kegiatan KKN Gelombang I Tahun Akademik 2024/2025 sejak (24/7) sampai (1/8) selama 35 hari di 9 Kecamatan 74 Desa di wilayah Kabupaten Karawang, melibatkan 1168 Mahasiswa, 74 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) serta 9 Koordinator DPL.

Terkesan spesial karena diikuti pula Mahasiswa Asing Unsika sebagai peserta KKN yang tersebar di beberapa Desa khususnya di Kec. Rawamerta. Mengangkat Tema “ Optimalisasi Potensi Desa Menuju Masyarakat Sejahtera” dengan program unggulan yaitu pengentasan kemiskinan, Stunting, dan Pusat Kesejahteraan Sosial (PUSKESOS).

Kegiatan ini pula sebagai implementasi Kolaborasi Unsika dan Pemerintah Kabupaten Karawang dalam upaya membangun masyarakat cerdas, Inovatif, dan Sejahtera.

Berbagai output program KKN Unsika Gelombang I Tahun Akademik 2024/2025 telah dihasilkan oleh para peserta KKN. Adapun beberapa hasil program KKN diantaranya pemberdayaan ekonomi dan UMKM lokal Karawang dengan berbagai sumber daya lokal seperti turubuk, kawista, bandeng dan lainnya. Inovasi pemanfaatan teknologi pengelolaan limbah (waste management) di lingkungan desa juga dihasilkan diantaranya Eco-brick, Peralatan Rumah Tangga berbahan dasar bambu, alat pengeringan dan penjemuran dengan pemanfaatan solar cell, serta berbagai sistem aplikasi yang membantu masyarakat dalam berbagai hal seperti pendataan posyandu, digitalisasi umkm, pelayanan desa, dan lainnya. Serta diakhir kegiatan juga peserta KKN membuat video profil dan potensi desa yang dapat dijadikan modal pengembangan desa kedepannya, sehingga Desa mitra KKN selanjutnya dapat mandiri, berdaya, dan juga sejahtera sesuai dengan tema KKN kali ini.

Selanjutnya Unsika melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) akan terus berupaya dan berkolaborasi dengan berbagai instansi terkait guna mengisi peran akademisi dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Iswanto

infobanua

Recent Posts

Pj Bupati HSS Hadiri Pembukaan Kalsel Expo 2024

Kandangan, infobanua.co.id – Pj Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, AP., M.AP, bersama Pj Ketua…

5 jam ago

MUI Kalsel Terima Kunjungan Tim Monitoring dari Pusat

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dewan Pimpinan dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Selatan menerima…

5 jam ago

Gubernur Kalsel Luncurkan Kurikulum Pelestarian Ekosistem Gambut

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, atau akrab disapa Paman Birin, meresmikan…

5 jam ago

Kalsel Expo 2024: Meriahkan Hari Jadi ke-74 Kalsel dengan Tema “Cinta Babussalam”

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, secara…

6 jam ago

Bupati Saidi Mansyur Resmikan Kantor Desa Pingaran Ulu, Tingkatkan Infrastruktur dan Partisipasi Masyarakat

MARTAPURA, infobanua.co.id - Bupati Banjar H Saidi Mansyur, didampingi Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas,…

6 jam ago

Banjar Expo 2024 Resmi Dibuka, Dorong Sinergi dan Kolaborasi untuk Kemajuan

MARTAPURA, infobanua.co.id - Bupati Banjar H Saidi Mansyur, bersama Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyi…

7 jam ago