Categories: Berau

Bupati Kenalkan Nama Kuliner Khas Orang Banua Berau di Abut Barintak

BERAU, infobanua.co.id – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas membuka acara Abut Barintak Fest dalam rangkaian hari jadi ke 181 Kampung Gurimbang, Kecamatan Sambaliung, Rabu, (14/8/2024).

Bupati Berau mengatakan, salah – satu nama kuliner di Abut Barintak yakni Ancur Paddas. Bubur Ancur Paddas adalah khas kuliner orang Banua Berau. “Diharapkan kepada yang bukan orang Banua Berau agar kiranya dapat mencoba hancur paddas,” ucapnya.

Mendengar nama bubur Ancur Paddas sudah dapat menyimpulkan bahwa makanan ini adalah sajian bubur dengan cita rasa yang pedas. Bubur Ancur Paddas menjadi sajian yang selalu hadir di saat upacara-upacara adat di Kampung yang ada di Berau.

Meski Bubur Ancur Paddas merupakan kuliner khas orang Banua Berau, namun kini sudah mulai susah ditemui. Sehingga merupakan sebuah kesempatan berharga untuk dapat menikmati sajian ini. “Berbahan dasar beras yang telah disangrai, makanan begitu nikmat dengan tambahan aneka rempah dan rasa pedas yang menggoda,” terangnya.

Selain itu, Bupati mengatakan, budaya adalah aset kiranya dapat dijaga dan dipelihara sebagaimana untuk kemajuan daerah dan Abut Barintak ini hendaknya dapat dilaksanakan setiap tahun. “Tentu saja dapat menembuhkan kekompakan serta hiburan, kegembiraan masyarakat. Pemerintah mendukung seluruh Kampung di acara yang sama,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Kepala Kampung Gurimbang, Juliansyah, dengan digelarnya acara Abut Barintak selain itu bertujuan untuk meningkatkan UMKM ekonomi masyarakat. Dengan adanya Abut Barintak tidak hanya terfokus pada budaya melainkan perlombaan salah-satunya dayung perahu panjang. Adapun wacana Kakam Gurimbang membuka wisata kuliner, dimana kuliner khusus khas Berau. (Adv/Ski)

infobanua

Recent Posts

Pj Bupati HSS Hadiri Pembukaan Kalsel Expo 2024

Kandangan, infobanua.co.id – Pj Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, AP., M.AP, bersama Pj Ketua…

9 jam ago

MUI Kalsel Terima Kunjungan Tim Monitoring dari Pusat

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dewan Pimpinan dan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Selatan menerima…

9 jam ago

Gubernur Kalsel Luncurkan Kurikulum Pelestarian Ekosistem Gambut

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, atau akrab disapa Paman Birin, meresmikan…

9 jam ago

Kalsel Expo 2024: Meriahkan Hari Jadi ke-74 Kalsel dengan Tema “Cinta Babussalam”

Banjarbaru, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, secara…

10 jam ago

Bupati Saidi Mansyur Resmikan Kantor Desa Pingaran Ulu, Tingkatkan Infrastruktur dan Partisipasi Masyarakat

MARTAPURA, infobanua.co.id - Bupati Banjar H Saidi Mansyur, didampingi Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas,…

10 jam ago

Banjar Expo 2024 Resmi Dibuka, Dorong Sinergi dan Kolaborasi untuk Kemajuan

MARTAPURA, infobanua.co.id - Bupati Banjar H Saidi Mansyur, bersama Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyi…

11 jam ago