infobanua.co.id
Beranda KALTIM Penajam Paser Utara PPU Disiapkan Jadi Daerah Penyangga Lumbungan Pangan IKN

PPU Disiapkan Jadi Daerah Penyangga Lumbungan Pangan IKN

PENAJAM, Infobanua,co.id – Pembangunan infrastrutur merupakan hal yang penting dalam penyemarataan kesejahteraan suatu wilayah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) untuk melanjutkan infrastruktur yang sudah direncanakan pemerintah.

Penjabat (PJ) Bupati PPU Makmur Marbun mengungkapkan, pembangunan insfrastruktur ini sangat penting bukan hanya untuk penunjang Ibu Kota Nusantara (IKN) tetapi menjadi pertumbuhan ekonomi bagi daerah.

“Pembangunan yang saya minta yaitu pembangunan Bendungan Gerak Talake, dan pembangunan jembatan dari Teluk Balikpapan ke Penajam, dan juga jembatan Sungai Riko,” ujar Marbun. Kamis (15/08/2024).

Jika Bendung Gerak Telake yang berada di Kecamatan Long Kali Kabupaten Paser telah beroperasi. Tentunya daerah dengan julukan Benuo Taka ini juga dipersiapkan sebagai daerah penyangga yang memiliki lumbung pangan.

“ Daerah juga akan menyiapkan lahan seluas 15 ribu hektare, dan direspon yang positif dari menteri PUPR,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Menteri PUPR RI sekaligus Plt. Kepala Otoritas IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk saat ini pihaknya telah melakukan survei untuk pembangunan Bendung Gerak Telake.

Diketahui selama ini para petani di PPU hanya menggunakan tadah hujan untuk mengairi lahan persawahan yang berada di Kecamatan Babulu.

Sementara rencana pembangunan Bendung Gerak Sungai Telake telah memasuki tahapan pembebasan lahan pada 2020 waktu itu.

Bagikan:

Iklan