infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur DPRD Dukung Pemkab Lestarikan Budaya Tradisional

DPRD Dukung Pemkab Lestarikan Budaya Tradisional

Ketua DPRD Kotim Sementara Rinie (Ist/brt).

Sampit, infobanua.co.id – DPRD Kotawaringin Timur mendukung penuh segala bentuk upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat dalam melestarikan tradisi dan budaya yang ada di Kotim. Terutama untuk budaya tradisional.

Ketua DPRD Kotim sementara, Rinie mengatakan untuk kegiatan yang bertujuan melestarikan dan pengembangan tradisi budaya pihaknya sangat mendukung. Karena itu menjadi salah satu upaya Pemkab untuk menjaga tradisi juga menata potensi pariwisata yang dimiliki Kotim.

“Kita sangat mendukung pengembangan dan pelestarian tradisi budaya dengan mengakomodir kegiatan-kegiatan budaya. Saya rasa hal itu memang harus dilakukan supaya tradisi dan budaya Kotim bisa terus ada, “ujarnya.

Rinie sendiri seringkali menghadiri kegiatan pariwisata dan kebudayaan.Dirinya sangat mendukung diselenggarakan kegiatan tersebut karena dinilainya dapat melestarikan dan memelihara tradisi dan kebudayaan tradisional.

Rinie mencontohkan beberapa cabang lomba tradisional yang sering ditampilkan seperti balogo, sepak sawut, lawang sekepeng, besei kambe, bagasing merupakan perlombaan yang sudah sangat sulit dimainkan atau ditemui di tengah masyarakat saat ini.

“Sehingga melalui kegiatan-kegiatan itu kita bisa memperkenalkan kepada generasi muda ragam seni budaya yang patut kembali dilestarikan oleh mereka,” tuturnya.

Politisi perempuan asal PDI Perjuangan ini berpesan untuk pengemasan acara tradisi dan budaya kedepan dirinya harapkan bisa lebih ditingkatkan. Terutama dalam gaung event-event kegiatan budaya dan pariwisatam Supaya para wisatawan luar dan lokal dapat lebih antusias lagi untuk berkunjung ke Kotim dengan suguhan kegiatan-kegiatan tradisi dan budaya. Zainal.

Bagikan:

Iklan