Categories: Penajam Paser Utara

Polres PPU Gelar Simulasi Sispamkota, Jelang Pilkada Serentak 2024

PENAJAM, Infobanua.co.id – Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Simulasi Sistem Pengaman Kota (Sispamkota) dalam rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di PPU. Kamis (22/08/2024).

Kapolres PPU AKBP Supriyanto mengatakan, tujuan melakukan simulasi Sispamkota ini, untuk memberikan gambaran kepada anggota yang akan melaksanakan tugas pengamanan di Pilkada 2024.

“Tujuannya untuk memberikan gambaran kepada anggota kita baik itu dari Polri, TNI, Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat yang lainnya, memberikan gambaran siapa dan berbuat apa,” ucapnya.

Adapun skenario Simulasi Sispamkota ada beberapa poin yakni Simulasi patroli dan strong point rutin oleh personel Polres PPU, Bhabinkamtibmas dan Babinsa TNI.

Simulasi pengamanan saat kampanye dan penanggulangan ancaman kepada Calon Bupati oleh personel pengamanan VVIP Polres PPU.

Kemudian simulasi penjemputan logistik Pilkada yang dikawal menuju TPS dan dibawa kembali kegudang logistik KPU Banuo Taka.

Simulasi tahapan masa tenang dimana personel Polres PPU dan TNI melakukan pengamanan terhadap personel Bawaslu dibantu Pol PP dalam melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

Simulasi pengamanan saat ada unjuk rasa di kantor KPU, oleh personil dari Polres PPU.

Lanjut Kapolres mengatakan diharapkan dengan pelaksanaan Simulasi Sispamkota ini personel Polri, TNI dan stake holder terkait dapat memahami gambaran cara bertindak sesuai prosedur dalam pengamanan di setiap tahapan Pilkada Serentak 2024.

Sambunya, untuk pengamanan pilkada Polres PPU menurunkan personilnya sebanyak 433, untuk mengamankan 293 TPS yang ada di Banuo Taka.

“Dari 293 TPS itu ada 283 TPS rawan dan ada 10 TPS yang sangat rawan, 10 TPS yang sangat rawan terbagi di empat Kecamatan yang ada PPU,” tuturnya.

Ia berharap kepada masyarakat untuk menjaga kondusifitas PPU selama tahapan Pilkada. (is/ib)

infobanua

Recent Posts

Anggota DPRD Kotabaru H Abidin Daeng Mapoji Laksanakan Reses Tahap ll

Kotabaru, infobanua.co.id - Anggota DPRD Kotabaru, Komisi II dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), H. Abidin…

4 jam ago

Syahrani Akomodir Aspirasi Warga dalam Reses di Kelumpang Hulu

Kotabaru, infobanua.co.id - Anggota DPRD Kotabaru, Syahrani, melaksanakan reses tahap II di Kecamatan Kelumpang Hulu dengan…

4 jam ago

Lutfi Ali Soroti Tingginya Kecelakaan di Tikungan Menanjak Desa Baharu

Kotabaru, infobanua.co.id - Jalan tanjakan Baharu desa Baharu Utara Kecamatan Pulau Laut Sigam kembali terjadi…

4 jam ago

Pilihan Tepat untuk Nunukan: Basri-Hanafiah Siap Bawa Perubahan

Nunukan, infobanua.co.id - Kampanye perdana pasangan H. Basri dan H. Hanafiah (BAHAGIA) di Gedung Amalia,…

6 jam ago

Komisiner KPUD Kotim, Tinjau TPS Loksus Pilkada Serentak 2024

Sampit, infobanua.co.id - Dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang, Komisioner KPUD Kab.…

6 jam ago

SMK Muda Kreatif Barabai Gelar LDKPD Fokus Pengelolaan Media Sosial

BARABAI, infobanua.co.id - SMK Muda Kreatif Barabai sukses melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik (LDKPD)…

12 jam ago