infobanua.co.id
Beranda Kotawaringin Timur Ingatkan Pemkab Jaga Stabilitas Harga

Ingatkan Pemkab Jaga Stabilitas Harga

Rinie ketua DPRD Kotim.(Ist/brt.).

Sampit, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sementara Rinie mengingatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok terutama jelang akhir tahun ini. Hal itu dilakukan untuk menghindari kenaikan yang biasanya terjadi saat akhir tahun.

“Pemerintah daerah harus turun tangan mengantisipasinya. Setidaknya meminimalisasi kenaikan tersebut agar tidak membebani masyarakat,” katanya .

Pemerintah daerah,lanjutnya diharapkan melakukan langkah-langkah untuk mencegah kenaikan harga yang tidak wajar. Kenaikan harga yang terlalu tinggi dipastikan akan membebani masyarakat.

Menurut politisi wanita Partai PDI Perjuangan ini langkah yang bisa dilakukan pemerintah daerah adalah berkoordinasi dengan agen atau pedagang-pedagang besar. Tujuannya untuk memastikan bahwa stok barang agar mencukupi hingga awal tahun, khususnya barang kebutuhan yang tidak murah rusak seperti beras, minyak goreng, gula dan lainnya.

“Karena jika stok cukup,maka kenaikan harga bisa ditekan. Setidaknya jika terjadi kenaikan pun, persentasenya tidak terlalu tinggi dan tidak sampai membebani masyarakat,” terangnya.

Antisipasi ini wajib dilakukan karena pasokan sebagian kebutuhan pokok di Kotim didatangkan dari luar daerah, khususnya Pulau Jawa. Banyak faktor yang bisa saja memicu kenaikan harga jika tidak diantisipasi sejak dini. Zainal.

Bagikan:

Iklan