Categories: Kotawaringin Timur

Pemerintah Daerah Diminta Serius Tanggulangi Bencana Karhan

Sampit, infobanua.co.id – Anggota DPRD Kotim Rimbun meminta pemerintah daerah itu untuk lebih serius melakukan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan agar bencana kabup asap tidak terjadi parah.

“Bencana kabut asap yang terjadi di Kalteng pada tahun-tahun sebelumnya harus menjadi pelajaran berharga karena merugikan perekonomian maupun kesehatan masyarakat banyak,” katanya.

Rimbun berharap penanggulangan Karhutla Pemkab Kotim juga melibatkan masyarakat di sekitar pedesaan dan seluruh komponen lainnya. Politisi asal PDI Perjuangan itu berharap dalam pencegahannya pemerintah bisa bergerak cepat dengan membentuk tim pengendalian berbasis masyarakat.

Menurut Rimbun, pengendalian karhutla dengan membentuk organisasi masyarakat peduli api di setiap desa dan juga segera melakukan sosialisasi tentang regulasi yang mengatur pembakaran lahan diharapkan dapat menekan terjadinya Karhutla.

Menyadarkan masyarakat untuk tidak membuka lahan pertanian dengan cara membakar dan memberi sanksi berat terhadap pelaku maupun perusahaan diharapkan tidak lagi terjadi Karhutla dan bisa terhindar dari bencana kabut asap.

“Saya yakin Kalteng mampu mengatasi karhutla dan tidak terjadi lagi bencana kabut asap. Yang terpenting adalah tetap fokus dan serius melakukan pencegahan dan penanganan,” katanya.

Zainal.

infobanua

Recent Posts

Disbudporapar Banjarmasin Gelar FGD Desain Olahraga Daerah untuk Implementasi DBON

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dalam rangka mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memastikan pembangunan…

28 menit ago

PJ Bupati HSS Resmikan Sosialisasi Pemilih Pemula untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Kandangan, infobanua.co.id – Pejabat (PJ) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, A.P., M.AP., secara resmi…

36 menit ago

Event Jelajah Literasi. Bupati Sampaikan Ini

BATULICIN, infobanua.co.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten (dispersip) Tanah Bumbu Gelar Event Jelajah Literasi…

42 menit ago

Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT untuk Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia

Jakarta, 17 Oktober 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui Indosat Business, menegaskan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan…

1 jam ago

Pj Ketua TP PKK HSS Resmikan Pelatihan UP2K untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Kandangan, infobanua.co.id – Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hj. Mutia…

1 jam ago

DKUMPP Banjar Gelar Sosialisasi Ekspor untuk Pelaku Usaha Mikro

Martapura, infobanua.co.id – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar mengadakan sosialisasi…

1 jam ago