infobanua.co.id
Beranda DPR Orientasi Anggota DPRD Kalsel Angkatan XII Resmi Dibuka di Jakarta

Orientasi Anggota DPRD Kalsel Angkatan XII Resmi Dibuka di Jakarta

55 Anggota DPRD Provinsi Kalsel mendapat pembekalan materi

Jakarta, infobanua.co.id – Orientasi bagi Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Angkatan XII resmi dibuka, dengan seluruh anggota DPRD masa jabatan 2024-2029 aktif mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, dari 23 hingga 27 September 2024, sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2024.

Pada hari kedua, Selasa, 24 September 2024, sebanyak 55 Anggota DPRD Provinsi Kalsel mengikuti sesi pembekalan materi yang mencakup berbagai topik penting, antara lain Wawasan Kebangsaan yang dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, serta sistem pemerintahan Indonesia dan penegakan peraturan perundang-undangan.

Kepala BPSDM Kemendagri, Sugeng Haryono, yang membuka acara ini, berharap agar setelah mengikuti orientasi, para anggota DPRD dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat. “Kami ingin mereka mampu memperkuat kemampuan dalam melaksanakan peran dan tanggung jawab mereka di dewan,” ujar Sugeng.

Usai sesi orientasi hari pertama, Wakil Ketua Sementara DPRD Provinsi Kalsel, H. Kartoyo, mengapresiasi kegiatan ini. Ia menekankan pentingnya pemahaman mendalam mengenai tiga fungsi utama DPRD: Budgeting (Anggaran), Controlling (Pengawasan), dan Legislation (Penyusunan Peraturan Perundang-undangan). “Kami sudah sering mempelajari ini, namun aplikasinya dalam konteks masyarakat saat ini lebih jelas. Semoga dengan pembekalan ini, kami dapat menjalankan tugas dengan lebih efektif demi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, para anggota DPRD diharapkan mampu menjalankan tugas mereka dengan baik untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat Kalsel.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan