Categories: Jawa Barat

Kerjasama Unsika Dengan Dirjen GTK Sebagai Komitmen Penyelenggaran PPG Mendapatkan Mutu Terbaik

Jakarta, infobanua.co.id – REKTOR Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), Prof. Dr. H. Ade Maman Suherman, S.H., M.Sc, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbudristek. Pendandatanganan PKS yang diikuti lebih dari seratus lebih perguruan tinggi negeri dan swasta bertujuan untuk mempersiapkan peserta PPG yang berasal dari calon guru dan peserta PPG untuk guru tertentu.

Demikian dikatakan Prof. Dr. H. Ade Maman Suherman, usai melakukan penandatanganan PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (24/09/2024). Menurutnya, program PPG menjadi hal penting untuk mendongkrak kompetensi serta mengasah keterampilan mengajar para guru dan calon guru. “Kemampuan untuk mengajar para guru menjadi kompetensi utama di sekolah. Program PPG juga menjadi tolok ukur apakah seorang guru sudah memenuhi standarisasi kualifikasi sebagai guru yang professional atau belum berdasarkan Undang-undang,” ujar Rektor, yang didampingi Dekan FKIP Prof. Dr. H. Sutirna, M.Pd.

Menurut Dekan FKIP Prof. Dr. H. Sutirna, M.Pd, menyebutkan Kerjasama yang dilakukan Unsika dengan Dirjen GTK sebagai komitmen agar penyelenggaran PPG di Unsika mendapatkan mutu terbaik. “Kita tahu tahun 2024 ini fakultas kami menerima sekitar 600 mahasiswa khusus untuk PPG calon guru. Sedangkan untuk PPG guru tertentu sudah menerima sebanyak 219 mahasiswa,” ujarnya, ketika dihubungi Rabu, (25/09/2024).

Menurut Prof Sutirna, perbedaan antara PPG guru tertentu dan PPG calon guru terletak pada status kepegawaian dari peserta PPG tersebut di sekolah masing-masing. “Kalau PPG guru tertentu itu mahasiswanya berasal dari para guru yang sudah mengabdi di sekolah. Sedangkan, PPG calon guru yaitu mahasiswa yang baru lulus S1 Kependidikan dan sudah lulus dalam mengikuti seleksi PPG yang diselenggarakan Dirjen GTK,” ujarnya menjelaskan.

Iswanto/IB

infobanua

Recent Posts

Anggota DPRD Kotabaru H Abidin Daeng Mapoji Laksanakan Reses Tahap ll

Kotabaru, infobanua.co.id - Anggota DPRD Kotabaru, Komisi II dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), H. Abidin…

21 menit ago

Syahrani Akomodir Aspirasi Warga dalam Reses di Kelumpang Hulu

Kotabaru, infobanua.co.id - Anggota DPRD Kotabaru, Syahrani, melaksanakan reses tahap II di Kecamatan Kelumpang Hulu dengan…

24 menit ago

Lutfi Ali Soroti Tingginya Kecelakaan di Tikungan Menanjak Desa Baharu

Kotabaru, infobanua.co.id - Jalan tanjakan Baharu desa Baharu Utara Kecamatan Pulau Laut Sigam kembali terjadi…

29 menit ago

Pilihan Tepat untuk Nunukan: Basri-Hanafiah Siap Bawa Perubahan

Nunukan, infobanua.co.id - Kampanye perdana pasangan H. Basri dan H. Hanafiah (BAHAGIA) di Gedung Amalia,…

2 jam ago

Komisiner KPUD Kotim, Tinjau TPS Loksus Pilkada Serentak 2024

Sampit, infobanua.co.id - Dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang, Komisioner KPUD Kab.…

2 jam ago

SMK Muda Kreatif Barabai Gelar LDKPD Fokus Pengelolaan Media Sosial

BARABAI, infobanua.co.id - SMK Muda Kreatif Barabai sukses melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik (LDKPD)…

8 jam ago