Categories: TANAH BUMBU

Sekda: Maknai HKP Kita Kuat Kerena Diilhami Pancasila Meski Berbeda Suku

BATULICIN, infobanua.co.id – Jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu turut memperingati Hari Kesaktian Pancasila (HKP) , dengan melibatkan berbagai elemen pasukan seperti TNI dari Kodim 1022 Tanbu maupun Polres Tanbu hingga pelajar.

Peringatan kali ini berlangsung Selasa (1/10/2024) dihalaman kantor Bupati Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin.

Sementara apel peringatan dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Sekda Tanbu) H.Ambo Sakka, serta dihadiri perwakilan Forkopimda setempat maupun pengurus organisasi Wanita lainnya.

Dalam momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, Sekda Tanbu mengajak semua jajaran agar memaknai Pancasila sebagai landasan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa meski berbeda suku bangsa.

“Dengan momentum seperti ini mari kita jaga kesatuan dan persatuan kita dalam kerangka negara Kesatuan Republik Indonesia.”katanya sebelum pelaksanaan dimulai.

Kenapa Indonesia masih utuh sampai hari ini, kerena bangsa ini dikat oleh satu bingkai bahenika tunggal Ika.

“Apabila kita tidak menggunakan bingkai kebahanekaan itu ,maka muncul lah konflik kedaerahan. Contohnya di Pemkab Tanah Bumbu sendiri,hampir semua suku dan agama ada disini, namun kalau tidak diikat satu bingkai persatuan ,maka akan muncul ego ego kedaerahan .dengan adanya Pancasila maka kita sudah bisa memaknai NKRI ini.”ucapnya.

Dia mencontohkan,sepeti negara Adi daya Uni Soviet, namun kerena tidak diikat bingkai negara kesatuannya maka sekarang pecah menjadi beberapa negara.

Melalui peringatan ini pula dia mengajak untuk merenungi dan meresapi kembali ,bahwa perbedaan suku namun tetap kuat kerena semua diilhami oleh Pancasila.

“Disini ada Papua,ada Sulawesi dan beberapa suku lainnya,andaikan tidak dibingkai kebahanekaan dan diilhami Pancasila maka masing masing suku akan jalan sendiri sendiri,”pungkasnya.(. )

infobanua

Recent Posts

Salat Hajat Bersama Ulama dan Tokoh Masyarakat: Tapin Siapkan Diri untuk Kejurnas Rally

RANTAU, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar salat hajat bersama ulama, umara, dan tokoh masyarakat…

52 menit ago

Pernyataan Sikap Terhadap Tidak Diakomodirnya Putra-Putri Dayak Dalam Kabinet Prabowo-Gibran Priode 2024-2029

infobanua, Jakarta - Majelis Adat Dayak Nasional(MADN),Dewan Adat Dayak(DAD) se-Indonesia,dan organisasi masyarakat Dayak se-kalimantan dengan…

1 jam ago

Disbudporapar Banjarmasin Gelar FGD Desain Olahraga Daerah untuk Implementasi DBON

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dalam rangka mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memastikan pembangunan…

2 jam ago

PJ Bupati HSS Resmikan Sosialisasi Pemilih Pemula untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Kandangan, infobanua.co.id – Pejabat (PJ) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, A.P., M.AP., secara resmi…

2 jam ago

Event Jelajah Literasi. Bupati Sampaikan Ini

BATULICIN, infobanua.co.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten (dispersip) Tanah Bumbu Gelar Event Jelajah Literasi…

3 jam ago

Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT untuk Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia

Jakarta, 17 Oktober 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui Indosat Business, menegaskan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan…

3 jam ago