Categories: BANJARMASIN

Gubernur Kalsel Dukung ISNU, Menggali Potensi dan Menghadapi Tantangan

Banjarmasin, infobanua.co.id – Mengawali langkah baru, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, memberikan ucapan selamat yang hangat atas pelantikan Pimpinan Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kalsel serta Pimpinan Cabang ISNU di seluruh kabupaten/kota se-Kalsel.

Ucapan tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur, pada acara Pelantikan dan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) ISNU Kalsel yang berlangsung di Hotel Jelita Banjarmasin pada Jum’at sore (4/10).

“Selamat dan sukses! Tanggung jawab besar kini ada di tangan saudara-saudara untuk menjadikan ISNU sebagai motor penggerak kemajuan umat dan bangsa, terutama di banua Kalsel,” ungkap Paman Birin, sapaan akrab Gubernur.

Lebih lanjut, Paman Birin menegaskan bahwa Kalimantan Selatan memiliki potensi luar biasa di berbagai bidang. Namun, potensi ini juga diiringi dengan tantangan yang harus dihadapi. Sebagai wadah para intelektual dan sarjana Nahdlatul Ulama, ISNU diharapkan berperan strategis dalam mengatasi berbagai tantangan sosial, ekonomi, dan pendidikan.

“Dengan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat, ISNU diharapkan menjadi pelopor dalam menciptakan solusi yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, sambil tetap terhubung dengan kearifan lokal dan ajaran Islam yang Rahmatan lil Alamin,” tambah Paman Birin.

Gubernur juga menyampaikan doa dan harapan agar ISNU dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kalsel. “Saya percaya saudara-saudara akan membawa perubahan yang berarti, tidak hanya untuk NU, tetapi juga untuk masyarakat luas. Semoga ISNU mampu memberikan kontribusi nyata yang sejalan dengan nilai-nilai ahlusunnah wal jamaah yang kita junjung tinggi,” harapnya.

Acara yang mengusung tema “Revitalisasi ISNU dalam Transformasi Strategis Menuju Indonesia Emas 2024” ini juga dihadiri oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat ISNU, Prof. Ali Masykur Musa, yang turut melantik kepengurusan ISNU.

Dalam sambutannya, Prof. Ali menyampaikan doa dan harapan untuk kepemimpinan ISNU yang baru, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Ia juga menekankan perlunya empat transformasi dalam keluarga besar NU, khususnya ISNU: transformasi sumber daya manusia, transformasi spiritual, transformasi kultural, dan transformasi ekonomi.

“Empat hal ini merupakan mimpi kita bersama untuk menyongsong abad kedua NU, menciptakan perpaduan kebangkitan nasionalisme politik dan ekonomi,” tegasnya.

Selama lima tahun ke depan, kepemimpinan Perwakilan Wilayah ISNU Kalsel akan dikomandoi oleh Ketua Umum terpilih, Zainal Ilmi. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Umum Tanfidziah Perwakilan Wilayah NU Kalsel, Muhammad Tambrin, serta seluruh pengurus ISNU Kalsel dan cabang-cabangnya, termasuk KH M. Mukri Yunus, Pimpinan Ponpes Nurul Hijrah Jorong, Tanah Laut.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

SMK Muda Kreatif Barabai Gelar LDKPD Fokus Pengelolaan Media Sosial

BARABAI, infobanua.co.id - SMK Muda Kreatif Barabai sukses melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik (LDKPD)…

33 menit ago

Inovasi untuk Keberlanjutan XL Axiata Luncurkan Zero Waste Pertama di HUT ke-28

Zero Waste to Landfill bukan hanya sebuah slogan, tetapi merupakan komitmen nyata XL Axiata dalam…

1 jam ago

KKP Apresiasi Polda Lampung Ungkap Penyelundupan Baby Lobster

LAMPUNG, infobanua.co.id – Keberhasilan Ditpolairud Polda Lampung dalam mengungkap penyelundupan benih bening lobster (BBL) atau…

5 jam ago

Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan 237.305 Benih Lobster di Bintan

BATAM, infobanua.co.id - Tim Gabungan dari Bareskrim Polri, Kanwil DJBC Kepri, dan Lantamal IV Batam…

6 jam ago

Pemkab Pesisir Selatan Bakal Perbaiki Saluran Irigasi di Rawang Gunung Malelo Surantih

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bakal segera memperbaiki saluran…

6 jam ago

Para Developer Mengikuti Dumai Property Expo 2024 Bersama Pihak Sponsor

Dumai, infobanua.co.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai H Indra Gunawan menjadi Keynote Speaker Talkshow…

6 jam ago