Categories: Nunukan

Perumahan Layak Huni di Nunukan: Program dan Realisasi

Nunukan, infobanua.co.id – Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara Alimuddin.ST.MT, mengungkapkan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 dalam bidang perumahan. Dia menjelaskan bahwa meski pendataan rumah korban bencana telah selesai, penyediaan rumah masih terkendala anggaran. Usulan untuk bantuan rumah bagi korban di Sembakung telah diajukan ke Kementerian.

Dalam program Penyediaan dan Pemeliharaan Prasarana (PSU), Dinas Perumahan juga fokus pada pembangunan semenisasi, drainase, dan pengaspalan di kawasan permukiman. Upaya ini bertujuan memastikan perumahan layak huni bagi masyarakat, terutama di kawasan kumuh di Nunukan Utara, Mamolo, dan Pangkalan Nunukan Timur.

Dinas juga memberikan bantuan perbaikan rumah bagi masyarakat tidak mampu, dengan dana sekitar Rp20.000.000 per unit, yang pengelolaannya dilakukan secara terpusat dan diawasi untuk mencegah penyalahgunaan.

Pada tahun 2023, terdapat 200 unit rumah yang dibangun, dan untuk tahun ini, DPRKPP berencana memantau dan memastikan pemeliharaan rumah yang telah dibangun agar tetap layak huni. Di Nunukan, terdapat sekitar 2.800 rumah yang masih tidak layak huni, dan prioritas bantuan akan diberikan sesuai kebutuhan.

Alauddin menegaskan bahwa pemeliharaan rumah adalah tanggung jawab pemilik setelah pembangunan, dan Dinas Perumahan akan terus memantau kondisi rumah serta melakukan pendataan rumah yang tidak layak huni.

Mengenai kepemilikan perumahan di Jalan Lingkar Paras, Alauddin menekankan bahwa hal itu di luar kewenangan DPRKPP dan menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum. Dinas Perumahan akan terus berupaya memperbaiki prasarana yang ada, termasuk peningkatan jalan dan drainase.

Dengan berbagai program ini, diharapkan perumahan di Nunukan dapat memenuhi standar layak huni dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Yuspal/IB

infobanua

Recent Posts

Anggota DPRD Kotabaru H Abidin Daeng Mapoji Laksanakan Reses Tahap ll

Kotabaru, infobanua.co.id - Anggota DPRD Kotabaru, Komisi II dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), H. Abidin…

4 jam ago

Syahrani Akomodir Aspirasi Warga dalam Reses di Kelumpang Hulu

Kotabaru, infobanua.co.id - Anggota DPRD Kotabaru, Syahrani, melaksanakan reses tahap II di Kecamatan Kelumpang Hulu dengan…

4 jam ago

Lutfi Ali Soroti Tingginya Kecelakaan di Tikungan Menanjak Desa Baharu

Kotabaru, infobanua.co.id - Jalan tanjakan Baharu desa Baharu Utara Kecamatan Pulau Laut Sigam kembali terjadi…

4 jam ago

Pilihan Tepat untuk Nunukan: Basri-Hanafiah Siap Bawa Perubahan

Nunukan, infobanua.co.id - Kampanye perdana pasangan H. Basri dan H. Hanafiah (BAHAGIA) di Gedung Amalia,…

6 jam ago

Komisiner KPUD Kotim, Tinjau TPS Loksus Pilkada Serentak 2024

Sampit, infobanua.co.id - Dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang, Komisioner KPUD Kab.…

6 jam ago

SMK Muda Kreatif Barabai Gelar LDKPD Fokus Pengelolaan Media Sosial

BARABAI, infobanua.co.id - SMK Muda Kreatif Barabai sukses melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik (LDKPD)…

12 jam ago