infobanua.co.id
Beranda BANJAR Forum Komunikasi Tim P3DN 2024: Sinergi untuk Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri

Forum Komunikasi Tim P3DN 2024: Sinergi untuk Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri

MARTAPURA, infobanua.co.id – Dalam upaya meningkatkan sinergi antara Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan Tim P3DN tingkat pemerintah daerah, kabupaten/kota, dan badan usaha, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Forum Komunikasi Tim P3DN Tahun 2024 pada Kamis (10/10/2024). Kalimantan Selatan diwakili oleh dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banjar dan Tanah Bumbu.

Sekretaris Jenderal Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto, selaku Sekretaris Timnas P3DN, menyampaikan bahwa jumlah tim P3DN telah meningkat dari 593 tim pada tahun 2022 menjadi 659 tim pada tahun 2023. “Kami berharap, di akhir tahun ini, jumlahnya akan terus bertambah hingga mencapai 710 tim, yang terdiri dari unsur kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, hingga pemerintah daerah,” ujarnya.

Eko menekankan bahwa tim P3DN perlu mengambil langkah-langkah percepatan untuk memastikan pencapaian target 95% pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk produk dalam negeri (PDN). “Ada tiga langkah utama: pengendalian penggunaan produk impor, melaksanakan Business Matching (BM) secara konsisten, dan memastikan program ini tepat guna dan tepat sasaran,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati, menyampaikan komitmennya untuk menjalankan langkah-langkah percepatan guna meningkatkan penggunaan produk dalam negeri, terutama bagi pelaku usaha dan perusahaan daerah. “Baru-baru ini, Kabupaten Banjar menerima Insentif Fiskal Tahun Anggaran 2024 untuk Penghargaan Kinerja Tahun Berjalan dalam Kategori Kesejahteraan Masyarakat,” ungkapnya.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan