Categories: Daerah

Dugaan Pungli PIP di Pesisir Selatan dilaporkan ke Polda

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – LSM Peduli Transparansi Reformasi (PETA) mengadukan dugaan praktik pungutan liar (pungli) dalam pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Pengaduan tersebut kami sampaikan hari ini,” kata Ketua Umum LSM Peduli Transparansi Reformasi (PETA), Didi Someldi Putra di Painan, Selasa, 15 Oktober 2024.

Ia menyebut, program yang dirancang untuk membantu siswa dari keluarga tidak mampu ini diduga dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu demi keuntungan pribadi.

“Modusnya adalah dengan memotong dana bantuan yang semestinya diterima utuh oleh siswa, selain itu di beberapa kasus juga ada yang tidak diberikan ke siswa penerima sama sekali,” ungkapnya.

Menurutnya terdapat beberapa bukti penguat pengaduan, pertama percakapan WhatsApp, tim investigasi menemukan bukti percakapan di mana penerima PIP diminta membayar sejumlah uang yang sebenarnya tidak ada dalam ketentuan resmi.

Kedua, pengakuan warga, tim investigasi mendapat rekaman video pengakuan dari warga yang menunjukkan bahwa mereka diminta untuk menyerahkan uang agar dana bantuan bisa dicairkan.

Ketiga, kesaksian saksi, dari hasil investasi lanjutan tim menemukan beberapa saksi siap memberikan keterangan dihadapan penyidik.

“Kami berharap Kapolda Sumbar menindaklanjuti pengaduan yang kami sampaikan,” imbuhnya.

IB

infobanua

Recent Posts

Pemkab Banjar dan Kemenkumham Kalsel Tandatangani Kesepahaman untuk Tingkatkan Pelayanan Hukum

Martapura, infobanua.co.id – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui sinergi antar stakeholder, Pemerintah Kabupaten Banjar…

2 menit ago

Bupati Tanbu Bimtek CPPOB Harapanya Petani Patin Berkembang

BATULICIN, infobanua.co.id – Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar membuka Bimbingan Teknik (Bimtek) Pembenihan Ikan Patin,…

46 menit ago

Rapat Kerja Apeksi Kalimantan, Fokus pada Infrastruktur dan Investasi

Banjarbaru, infobanua.co.id – Pjs. Wali Kota Banjarbaru, Nurliani, menghadiri Rapat Kerja (Raker) Komisariat Wilayah (Komwil)…

50 menit ago

Festival Literasi Banjarbaru ke-4, Penguatan Literasi Melalui Film

Banjarbaru, infobanua.co.id – Festival Literasi Banjarbaru ke-4 resmi dibuka dengan acara Bincang Temu Literasi, yang…

58 menit ago

Apapun Media Televisinya Tak Perlu Jadi Persoalan, Penentu Debat Publik Adalah Kualitas Paslon

Karawang,infobanua.co.id - Rangkaian tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum…

1 jam ago

Tes Urine Untuk Warga Binaan Program Cuti Dan Pembebasan Bersyarat

Sampit, infobanua.co.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, yang berada di bawah naungan Kantor…

1 jam ago