Categories: BANJAR

Dinas Pertanian Banjar Kembangkan Melati Batuah Sebagai Komoditas Unggulan

Martapura, infobanua.co.id – Dinas Pertanian Kabupaten Banjar sedang menggali potensi bunga melati, salah satu kekayaan alam daerah, melalui kajian akademis. Diharapkan, melati yang dikenal dengan harum semerbak ini dapat menjadi komoditas unggulan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada Jumat, 18 Oktober 2024, Dinas Pertanian melalui Bidang Sarana TPH, Perkebunan, dan Peternakan melaksanakan kajian observasi dan uji keunggulan melati Banjar Batuah di Aula Distan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kadis Pertanian Banjar Warsita, Kabid Sarana TPH, Nurul Chatimah, serta narasumber dari Balai TPH.

Melati Banjar Batuah memiliki karakteristik unik, termasuk aroma khas dan ketahanan untuk dirangkai, menjadikannya sangat potensial untuk dikembangkan. Selain nilai estetika, melati ini juga memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan. Bunga ini dapat diolah menjadi produk bernilai tambah seperti minyak atsiri, teh herbal, dan kosmetik.

Kadis Pertanian Warsita menyatakan bahwa dengan izin edar bibit melati yang dikeluarkan, melati Banjar Batuah diharapkan dapat berkontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah. “Dengan mengangkat potensi lokal, Kabupaten Banjar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Sarana TPH Nurul Chatimah menambahkan bahwa meskipun melati Banjar Batuah telah disertifikasi dua tahun lalu, izin edar masih perlu diurus. Desa Jingah Habang juga menjadi lokasi pengembangan melati dengan varietas emprit yang hampir mirip dengan melati lokal.

Dengan kajian mendalam ini, diharapkan melati khas Kalimantan Selatan dapat menjadi komoditas unggulan yang bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat.

Fad/IB

infobanua

Recent Posts

Pernyataan Sikap Terhadap Tidak Diakomodirnya Putra-Putri Dayak Dalam Kabinet Prabowo-Gibran Priode 2024-2029

infobanua, Jakarta - Majelis Adat Dayak Nasional(MADN),Dewan Adat Dayak(DAD) se-Indonesia,dan organisasi masyarakat Dayak se-kalimantan dengan…

2 menit ago

Disbudporapar Banjarmasin Gelar FGD Desain Olahraga Daerah untuk Implementasi DBON

Banjarmasin, infobanua.co.id – Dalam rangka mendukung implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan memastikan pembangunan…

1 jam ago

PJ Bupati HSS Resmikan Sosialisasi Pemilih Pemula untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilu

Kandangan, infobanua.co.id – Pejabat (PJ) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Endri, A.P., M.AP., secara resmi…

2 jam ago

Event Jelajah Literasi. Bupati Sampaikan Ini

BATULICIN, infobanua.co.id - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten (dispersip) Tanah Bumbu Gelar Event Jelajah Literasi…

2 jam ago

Indosat Business Perkenalkan Solusi IoT untuk Mendukung Konservasi Mangrove di Indonesia

Jakarta, 17 Oktober 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui Indosat Business, menegaskan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan…

2 jam ago

Pj Ketua TP PKK HSS Resmikan Pelatihan UP2K untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Kandangan, infobanua.co.id – Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hj. Mutia…

2 jam ago