Categories: Daerah

Pemkab Pesisir Selatan Bakal Perbaiki Saluran Irigasi di Rawang Gunung Malelo Surantih

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bakal segera memperbaiki saluran irigasi yang ada di Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih dalam tahun ini.

Sebagaiman diketahui, saluran irigasi yang ada di Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih ini sudah banyak yang rusak dan tersumbat, sehingga tidak dapat menampung debit air apabila terjadi hujan.

Dimana, akibatnya setiap kali hujan deras debit air selalu meluap ke permukaan jalan. Bahkan, juga meluap dan merendam rumah-rumah warga yang berada dekat dengan saluran irigasi. Kondisi seperti ini sudah menjadi keluhan masyarakat yang ada di Nagari Rawang Gunung Malelo

Menjawab keluhan masyarakat itu, Kepala Dinas PUPR Pessel Yusvianty ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, bahwa pihaknya bakal segera menangani dan memperbaiki saluran irigasi yang ada di Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih.

“Ya, akan segera kita tangani dan kita sudah cek dan survei melalui tenaga lapangan kita, “katanya di Painan Jumat (18/10/2024).

Ia menjelaskan, dimana sendimen irigasi itu sudah cukup dangkal sehingga tidak kuat menampung debit air yang cukup tinggi apabila terjadi hujan deras.

Selain sendimen, beberapa pondasi irigasi ada yang patah, tidak hanya itu tumpukan sampah masyarakat dibeberapa titik irigasi juga membuat saluran irigasi tersumbat.

“Tidak hanya mengalami kendengkalan dan rusak saja. Tapi juga terdapat beberapa tumpukan sampah masyarakat didalam saluran irigasi yang membuat saluran tersumbat, “ucapnya.

Karena kondisinya sudah terlalu parah sambungnya, pemerintah daerah melalui Dinas PUTR Pessel bakal melakukan perbaikan awal November mendatang.

“Insyaallah kalau tidak ada kendala. Akan kita tangani melalui OP Irigasi tahap 4. Berkemungkinan, dilaksanakan akhir Oktober 2024 kalau tidak ada kendala. Pokoknya, paling lambat awal November sudah kita kerjakan, “tutupnya.

IB

infobanua

Recent Posts

KKP Apresiasi Polda Lampung Ungkap Penyelundupan Baby Lobster

LAMPUNG, infobanua.co.id – Keberhasilan Ditpolairud Polda Lampung dalam mengungkap penyelundupan benih bening lobster (BBL) atau…

28 menit ago

Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan 237.305 Benih Lobster di Bintan

BATAM, infobanua.co.id - Tim Gabungan dari Bareskrim Polri, Kanwil DJBC Kepri, dan Lantamal IV Batam…

31 menit ago

Para Developer Mengikuti Dumai Property Expo 2024 Bersama Pihak Sponsor

Dumai, infobanua.co.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai H Indra Gunawan menjadi Keynote Speaker Talkshow…

41 menit ago

Gubernur Kaltara Berikan Keringanan Penghapusan Sanksi Administrasi PKB dan BBNKB

NUNUKAN, infobanua.co.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) mengumumkan kebijakan penghapusan…

1 jam ago

Emak-Emak Dikampung Langgai Siap Menangkan RA-NASTA di Pilkada Pesisir Selatan

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Dihadiri ratusan kaum ibu-ibu (Emak-emak) saat kampanye ideologi di Kampung Langgai,…

1 jam ago

PPDI Pessel Adakan Pelatihan Rambu-Rambu Lalulintas Bagi Penyandang Disibilitas

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pesisir…

1 jam ago