Categories: Bisnis

Eks CMO AASYP & GAMESEED, Gaspol ke Industri Karbon, Siap Bikin Kampanye Hijau Makin Panas!

Arfiana Maulina, mantan Chief Marketing Officer ASEAN-Australia Strategic Youth Partnership (AASYP) dan Marketing Lead GAMESEED, resmi bergabung ke industri karbon. Sebelumnya, Arfiana dikenal sebagai Founder WateryNation, gerakan anak muda peduli air bersih yang berhasil menjangkau 20.000 partisipan dari 20 negara dan menggerakkan lebih dari 1.000 relawan melalui kampanye kreatif seperti #BackToLerak dan #KillGermsNotFish.

Dengan latar belakang kuat di marketing, sustainability communication, dan digital activation, Arfiana membawa pendekatan Gen Z yang kreatif, relevan, dan berdampak. Bergabungnya Arfiana diharapkan mampu memperkuat posisi brand karbon sebagai pelopor solusi karbon berkelanjutan di Indonesia dan global.

Jakarta, 8 Maret 2025 — Nama Arfiana Maulina sudah lama diperhitungkan sebagai sosok muda yang berhasil menggabungkan kreativitas marketing dan kepedulian lingkungan dalam satu nafas.

Setelah menjabat sebagai Chief Marketing Officer ASEAN-Australia Strategic Youth Partnership (AASYP) dan Marketing Lead GAMESEED, kini Arfiana resmi bergabung di industri karbon, membawa pendekatan segar dalam kampanye sustainability di industri karbon.

Sebagai Founder WateryNation, Arfiana membuktikan bahwa pendekatan marketing yang relevan dengan gaya hidup anak muda mampu membangun kesadaran lingkungan dengan cara yang masif.

Kampanye-kampanye fenomenal seperti #BackToLerak, #KillGermsNotFish, hingga Holiday Be Ready, tidak hanya viral, tetapi juga berhasil mendongkrak followers WateryNation hingga 10.000 dalam 7 hari lewat strategi 360 Integrated Marketing Communication yang mencakup digital activation, ads, hingga SEO.

Di bawah kepemimpinan Arfiana, WateryNation mencatatkan serangkaian pencapaian luar biasa yang membuktikan kekuatan strategi marketing berbasis isu lingkungan. Sepuluh kampanye lingkungan berskala nasional dan internasional berhasil diselenggarakan, melibatkan peserta dari 20 negara, mulai dari Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Prancis, hingga Nigeria dan Uruguay.

Lebih dari 20.000 partisipan aktif turut serta dalam berbagai aktivitas yang diinisiasi, sementara 1.195 relawan bergabung melalui platform Indorelawan untuk mendukung langsung berbagai program.

WateryNation juga menjalin kemitraan strategis dengan lebih dari 64 organisasi dan komunitas, didukung oleh Campaign.com melalui gerakan #ForChange serta PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk. Tak hanya fokus pada edukasi dan kampanye, WateryNation turut mendorong penguatan UMKM berbasis lingkungan, serta menghadirkan dampak nyata di berbagai wilayah, mulai dari Jakarta, Pesisir Selatan, hingga daerah-daerah lain di Indonesia.

Bukan sekadar influencer lingkungan, Arfiana dikenal sebagai climate communicator yang mampu menerjemahkan isu-isu kompleks menjadi narasi kampanye yang mudah dipahami, relevan, dan menggerakkan aksi nyata di kalangan Gen Z.

“Lingkungan dan marketing bukan dua hal terpisah. Ketika strategi komunikasi dirancang relevan dengan target audiens, isu climate crisis bisa terasa dekat, fun, dan lebih cepat diterima. Itu pendekatan yang saya bawa ke WateryNation dan sekarang saya bawa ke industri karbon,” tegas Arfiana.

Bergabungnya Arfiana ke industri karbon, perusahaan yang berfokus pada solusi pengurangan emisi karbon dan transisi menuju ekonomi rendah karbon, diharapkan mampu membawa nafas baru dalam strategi pemasaran, edukasi publik, hingga positioning brand karbon di pasar sustainability yang kian kompetitif.

Artikel ini juga tayang di VRITIMES

admin

Recent Posts

Kodam I/BB, Poldasu dan Pemprovsu Bersinergi Musnahkan Alat Mesin Perjudian

Medan, infobanua.co.id - Kodam I/Bukit Barisan bersama Polda Sumut dan Pemprov Sumut bersinergi dalam konferensi…

3 jam ago

Ketua Umum Forum Pemred SMSI Menyesalkan Pernyataan Hasan Nasbi, Beri Saran agar Lebih Bijak

Jakarta  – Ketua Umum Forum Pemred Media Siber Indonesia (SMSI), Dar Edi Yoga, menyesalkan pernyataan…

4 jam ago

Apa itu Training Sertifikasi POU Energy Academy?

Di tengah dinamika industri pertambangan yang semakin kompleks dan penggunaan teknologi yang terus berkembang, pengawasan…

4 jam ago

Warga Cipadu Jaya RT 03 Gelar Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

Dalam rangka memupuk semangat kebersamaan dan kepedulian lingkungan di bulan suci Ramadhan, warga RT 03…

4 jam ago

Thirst Project Indonesia (WateryNation) Bergabung dalam Inisiatif Penggalangan Dana Terbesar di Asia Tenggara untuk Korban Topan Rolly (Goni)

Tindog Bicol adalah kampanye penggalangan dana terbesar yang dipimpin oleh pemuda di kawasan ASEAN, melibatkan…

5 jam ago

Festival Salikur 2025: Semarak Ramadan di Kota Idaman Banjarbaru

BANJARBARU, infobanua.co.id – Kota Banjarbaru kembali menyelenggarakan Festival Salikur, sebuah event tahunan yang bertujuan untuk…

7 jam ago