oleh

Ditlantas Polda Kalsel Sebar 80 CCTV di ‘Titik Rawan’ Pantau Aktivitas Lalu-lintas 

Guna mewujudkan pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman selamat tertib lancar dan tepadu. Polda Kalsel mengoperasikan Regional Traffic Management Center (RTMC) yangl diharapkan bisa menjadi pusat kendali informasi dan komunikasi yang terintegrasi secara online. Hal ini sesuai amanah UU No 22/2009 Pasal 29 E.

Peresmian RTMC Polda Kalsel, dihadiri Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Prof DR Diah Natalisa MBA, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putra Jaya, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana berlangsung di Aula Mathilda Bhayangkari Batlayeri Polda Kalsel, Kamis (1/2/2018).

“Keberadaan RTMC Ditlantas Polda Kalsel diharapkan membantu meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fasilitasi korban kecelakaan. Juga secara cepat merespon kegiatan anggota di lapangan untuk memantau aktivitas lalu-lintas di jalan raya. Karena 80 titik CCTV ditempatan di wilayah strategis di Kalsel yang terkoneksi secara online dengan RTMC Dit Lantas Polda Kalsel,” tegas Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana didampingi Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol E Zulpan.

Menurut Kapolda Kalsel, pembangunan perangkat hardware dan software traffic announce sebanyak 30 titik. Trafic announcer merupakan alat pengeras suara yang terpasang pada setiap persimpangan dan terpantau dari layar monitor. “Dimana RTMC yang bertujuan untuk memberikan himbauan dan teguran kepada pengendara yang melanggar batas marka berhenti di persimpangan yang ada trafic light,” ujar jenderal bintang satu ini.

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Prof DR Diah Natalisa MBA, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putra Jaya , dan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana berkesempatan mencoba peralatan dengan mengecek alat pantau CCTV di Gedung RTMC Ditlantas Polda Kalsel.

Pembangunan RTMC Polda Kalsel sepenuhnya didukung Pemprov Kalsel melalui dana hibah dengan total Rp28,7 miliar lebih. Pada tahap pertama tahun 2014, sebesar Rp 1,2 miliar untuk pembangunan gedung fisik RTMC Polda Kalsel dua lantai. Tahun 2015 sebesar Rp 15,8 miliar di gunakan untuk pengembangan RTMC  seperti pengadaan peralatan RTMC dan pemasangan CCTV sebanyak 66 titik dam pemasangan 115 Unit GPS pada kendaraan dina patroli lalu lintas, biaya sewa jarigan Telkom dan pengadaan listrik.

Bantuan tahap tiga, sebesar Rp11,7 miliar dipergunakan untuk membangun jaringan CCTV baru sebanyak 14 Unit. Revitalisasi jaringan CCTV di 80 titik disebar di 13 kota/kabupaten yakni, 4 titik di Kota Banjarmasin, 7 di Kota Banjarbaru, 8 Kabupaten Banjar, 4 Kabupaten Tapin, 4 Kabupaten Hulu Sungai Selatan, 3 titik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, 2 titik di Hulu Sungai Utara, 9 titik di Kabupaten Tabalong, 4 titik di Tanah Laut, 4 titik di Kotabaru, 5 titik Batola , 4 titik di Tanah Bumbu dan 2 titik di Kabupaten Balangan.

Ada 80 titik kamera CCTV  yang disebar di kota/kabupaten di tiap traffic light, termasuk accounting camera, reportase traffic live report, 30 titik traffic announcer, 15 ruang vicon pada 13 polres. Dimana applikasi t-drive yang terkoneksi ke 115 unit GPS kendaraan patroli anggota lalu-lintas. RTMC juga menyiapkan layanan contract center dengan nomor 1500669, Whatssaps 081350001993  serta dan kontak handphone 085391155166.

idayusnita

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed