oleh

Keberagaman Mampu Menjaga Keutuhan NKRI

-Politik-9 views

Martapura,Info Banua.Negara Republik Indonesia terbentuk berdasarkan konstitusi dan kesepakatan antara semua pihak yang berpartisipasi dalam perwujudan merdeka nya Negara ini. Semua golongan baik dari golongan atas hingga golongan bawah, rakyat jelata hingga para petinggi pada saat itu, bahkan kaum agamis dan kaum adat yang berbeda – beda pada saat itu Bersama – sama menjadi pahlawan untuk negeri yang pada saat itu sedang memiliki semangat yang berapi – api untuk terbebas dari belenggu penjajahan. Mereka bersatu padu untuk menghapuskan system penjajahan pada rakyat,kata Anggota MPR RI Antung Fatmawati di hadapan Pelajar SMA Negeri 1 Martapura,saat memberikan materi Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan,Jumat (9/2/2018).

Semua mereka korbankan, harta, waktu, tenaga, bahkan nyawa pun mereka pertaruhkan hanya untuk satu tujuan, yaitu mewujudkan kemerdekaan untuk kehidupan Nusantara yang lebih baik. Semangat juang lahir dan tumbuh pada saat itu berlandaskan kesadaran dan persamaan nasib. Perasaan yang tidak ingin ditindas, diperlakukan dengan tidak sewajarnya membakar semangat para pejuang untuk terbebas dari belenggu penjajahan,jelasnya.

Menurutnya yang menjadi hal unik dan sorotan pada saat itu, perbedaaan dan keberagaman yang naluriah merupakan sebuah hal yang menjadi penyebab perpecahan dan sulit untuk menjadi pemersatu, malah menjadi sebaliknya. Perbedaan dan keberagaman justru menjadi alasan terkuat bersatunya semua golongan untuk berjuang melawan penjajahan dan mewujudkan kemerdekaan.

Karena keberagaman kita dilahirkan, karena perbedaan kita dapat hidup di Nusantara yang sangat luas. Ada puluhan ribu suku bangsa dan Bahasa daerah di Nusantara. Ada beragam kepercayaan pula yang dianut oleh masyarakat Nusantara pada saat itu. Bisa kita bayangkan apabila masing – masing suku dan masing – masing agama pada saat itu tidak mempedulikan satu sama lain. Dan mementingkan diri sendiri, bisa jadi praktek adu domba yang dilakukan oleh penjajah semakin membesar. Dan mungkin sampai saat sekarang kita bukanlah menjadi sebuah negara yang independent berdiri sendiri namun masih berada dibawah penjajahan atau negara boneka persemakmuran.

Semangat Kebhinekaan Tunggal Ika ini harus kita jaga dan rawat terus sampai kapanpun karena ini telah teruji dapat mempersatukan kita dan membebaskan kita dari segala ancaman dari sejak perjuangan hingga saat ini,pungkas Antung Fatmawati.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed