oleh

Sila Pertama Pancasila Pedoman Pelaku Ekonomi Bangsa

-Politik-21 views

Martapura,Info Banua.Segenap elemen masyarakat diharapkan dapat memahami bagaimana wujud ideal dari sistem perekonomian kita,yang sesuai dengan nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila,hal tersebut di katakan Anghota MPR RI Syaiful Rasid saat mensosialisasikan empat pilar kebangsaan di tengah masyarakat Desa Kelampayan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar, Minggu,(11/2/2018).

Ini penting, agar kita semua anak bangsa sama-sama memahami tentang sistem perekonomian bangsa Indonesia yang berbasis kepada Pancasila,y yang merupakan falsafah dan identitas kita sebagai Bangsa Indonesia,tegasnya.

Ada tiga corak ekonomi pancasila. Pertama, ekonomi pancasila adalah ruh dari ekonomi konstitusi. Kedua, tidak anti pasar. Ketiga, negara perlu hadir untuk mendukung dan menopang pelaku pasar yang lemah dan terlemahkan, karena dalam aktivitas ekonomi, kondisi pasar yang sempurna tidak pernah tercipta.

Ada tiga pilar mewujudkan ekonomi pancasila. Pertama, pembangunan ekonomi harus berorientasi keadilan. Kedua, semua warga negara Indonesia berhak mendapatkan kesempatan yang sama. Ketiga, ekonomi digagas untuk memberikan pemerataan pembangunan dan mempersatukan bangsa,jelasnya.

“Berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi pancasila, maka untuk mewujudkan hal tersebut negara harus memiliki komitmen yang kuat terhadap, penurunan tingkat kemiskinan, terbukanya kesempatan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengakses kehidupan dan penghidupan yang lebih baik, peningkatan kualitas hidup (pendidikan dan kesehatan), penurunan tingkat ketimpangan, penurunan tingkat pengangguran,” paparnya.

Menurutnya operasional ekonomi pancasila, berdasarkan sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, memberikan dasar akan pentingnya spirit keagamaan yang menekankan etika dan moral bangsa dalam perkonomian.

Perekonomian harus memiliki landasan etis dan pertangkgungjawaban kepada Tuhan. Meski Indonesia bukan sebuah negara yang menetapkan agama tertentu sebagai ideologi bangsa, namun nilai-nilai ketuhanan dan spirit keagamaan telah menjadi landasan ideologi kita, Pancasila,ini menjadi dasar pelaku ekonomi di negara kita,kata Syaiful Rasyid.

Ekonomi pancasila digagas dan dibangun berdasarkan pertimbangan moral dan etika religius. Dengan demikian, ekonomi pancasila meniscayakan nilai-nilai kebaikan dan kedermawanan, serta hukum sipil yang tegak untuk menindak ketidakadilan,ini harus menjadi dasar pelaku ekonomi di negara kita” pungkas Syaiful Rasid.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed