oleh

Kasus Tersangka Hayden Penghina Guru Ijai, Berkasnya Sudah P21

Direktur Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Komisaris Besar Rizal Irawan menyatakan pemilik akun yang diduga melakukan penyebar ujaran kebencian terhadap ulama di media sosial kasusnya sudah P-21– pemberitahuan bahwa hasil penyidikan sudah lengkap.

“Kasus penghinaan ulama Guru Sekumpul yang melibatkan tersangka pemilik akun Hyde Hideki Hayden, berkasnya tanggal (21/ 2) dinyatakan lengkap oleh Kajati kalsel. Untuk itu pihak Ditkrimsus Polda Kalsel segera menyiapkan pelimpahan tahap kedua ke Kajati Kalsel,” kata Rizal, didampingi Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Kalsel AKBP Zaenal Arifien, Rabu (21/2).

Menurut Rizal, tersangka yang memiliki nama asli Hyde Hidelxy Arya Heyden tersebut disangkakan melanggar Pasal 45 ayat 3 dan atau Pasal 45 A ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Akun Facebook dan Instagram dengan nama Hyde Hideki Hayden sempat mengunggah konten yang diduga mengandung unsur ujaran kebencian hingga menyulut emosi warganet. Ia membuat unggahan yang dianggap menghina ulama asal Banjar, Kalimantan Selatan, Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari atau dikenal dengan Guru Ijai.

Pada Jumat, 19 Januari 2018, puluhan massa sempat mendatangi Kantor Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Selatan karena mendapat kabar bahwa pemilik akun berada di tempat tersebut. Belakangan, pemilik akun diketahui memang sengaja datang ke kantor polisi untuk meminta perlindungan. Namun akhirnya penyidik menetapkannya sebagai tersangka.

Bagi warga yang menemukan kejanggalan dan berita di media sosial yang meresahkan dan bohong (hoax) bisa menelpon dan melaporkan ke 087810046888 atau klik website [email protected]

Ditreskrimsus Polda Kalsel juga berharap, warga masyarakat untuk lebih bijak dan bermartabat dalam ber media sosial. Untuk itu waspada terhadap semua informasi dan ragukan semua informasi serta jangan mudah membagikan informasi.

rel/yus

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed