oleh

Polda Kalsel Gelar Zikir dan Doa Bersama Ustadz Arifin Ilham dan Guru Zuhdi untuk Keselamatan Bangsa

Ribuan jemaah yang datang dari beberapa daerah di Kalsel secara khusus menghadiri acara zikir akbar dan doa bersama yang digelar oleh Polda Kalsel dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriyah.

Zikir dan doa bersama yang rutin digelar Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) Sabtu (14/4/2018) di GOR Rudy Resnawan Jalan Trikora Guntung Manggis, Kota Banjarbaru menghadirkan dua ulama kondang yakni, ustadz Arifin Ilham dan ustadz Guru Zuhdi.

Pantauan dilapangan, ribuan warga terlihat antusias untuk menghadiri acara di lokasi GOR Rudy Resnawan yang mampu menampung 5 ribu lebih jemaah itu. Hal ini bisa dilihat ratusan angkutan kota dan puluhan bus terparkir disisi luar gedung olahraga terbesar dan terluas di Kalsel ini. Apalagi ada ustadz Arifin Ilham yang juga asli Kota Banjarmasin dan ustadz Guru Zuhdi yang merupakan ulama dengan jutaan umat itu hadir memberikan tausiahnya.

Guru Zuhdi dalam tausiahnya menuturkan, setidaknya ada tiga pesan atau hikmah yang dapat diambil dari Isra’ Miraj. Isra’ Mi’raj itu intinya itu kan peningkatan. Mi’raj itu kan naik. Jadi umat harus melakukan peningkatan di semua aspek. Penguatan akidah, penguatan kemampuan ekonominya, kemudian juga penguatan ukhuwahnya.

Suasana semakin bertambah khidmat dan khusyu, ketika ustadz Arifin Ilham menuntun ribaun jemaah melakukan zikir bersama dengan melafazkan asma Allah SWT. “Subhannallah walhamdu Lillah, Walla Illah Haillallah, Allah Huakbar,”
“Di antara hikmah zikir adalah zikir sebagai pembangkit energi iman. Karena itulah yang dipanggil Allah untuk berzikir adalah hamba Allah yang beriman,” kata Ustaz Arifin Ilham.

Arifin menyitir ayat Alquran surah al-Ahzab ayat 41-44. Artinya: “Hai hamba-hamba Allah yg beriman, berzikirlah kalian kepada Allah, zikir yang banyak, dan bertasbihlah kalian kepada Allah pada waktu pagi dan petang niscaya Allah merahmati kalian, dan malaikatpun mendoakan kalian agar kalian keluar dari kegelapan menuju cahaya-Nya.”
Arifin menambahkan, bertambah kuat iman karena zikir, memberikan dampak-dampak berikutnya.

“Subhanallah, karena iman seorang mukmin berzikir; karena berzikir tambah kuat imannya; karena tambah kuat imannya, maka ia pun senang beribadah; karena senang beribadah, maka iapun berakhlak mulia. Nikmatnya shalat malam, hobinya baca Alquran, wudhunya terjaga selalu, zikirnya, Dhuhanya, sedekahnya, silaturahimnya dan asyiknya muhasabah dirinya,” ujar Arifin.

Salah satu warga Ihsan dari Kabupaten Tapin rela hadir bersama rombongan keluarganya secara khusus ingin ikut acar zikir dan doa bersama. “Semoga kegiatan ini terus dilakukan dengan menghadirkan ulama-ulama yang kondang,” katanya, Sabtu (14/4/2018).

Hal senada dikatakan, Ijai warga Martapura, dirinya mengaku bahagia dengan acara yang dilakukan Polda Kalsel. “Kami senang zikir bersama yang digagas Polda Kalsel, ini hal yang patut diapresiasi. Berdoa untuk keselamatan bersama,” ujar mahasiswa IAIN Antasari Banjarmasin ini.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana mengatakan kegiatan acara Isra Miraj dengan menghadirkan ulama ustadz Arifin Ilham dan ustaz Zuhdi dengan mengundang berbagai elemen masyarakat termasuk, semata-mata melakukan doa bersama berharap ridho Ilahi.

“Kita zikir dan berdoa demi keselamatan bersama, dengan mengundang semua tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga masyarakat. Demi keselamatan bersama,” katanya.

Menurut Rachmat, Polda Kalsel besama seluruh elemen masyarakat dimomen Isra’ Mi’raj ingin mengambil intisari keberkahan Isra’ Mi’raj. Menyemarakkan syiar Islam dengan merayakan isra miraj bersama masyarakat Kalsel. Sesuai tema, dengan hikmah Isra’ Mi’raj nabi besar Muhammad SAW kita tingaktkan ibadah dalam membentuk karakter pengabdian insan Bhayangkara guna mendukung pelaksanaan Pilkada serentak yang kondusif di Kalsel. .

Zikir Akbar bersama berakhir pukul 10.30 wita berjalan tertib dan khidmnat, dihadiri, Asisten 1 Pemprov Kalsel, Danrem 101/Anatasari diwakil Danrindam 101/Antasari, Wakil Wali Kota Banjarbaru, Ketua MUI Kalsel, Ketua NU dan Muhammadiyah, LSM/ormas dan mahasiswa dan pelajar di Kota Banjarbaru.

rel.hms

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed