oleh

Warga Diajari Membuat Pupuk Organik oleh TMMD Kodim 1005/Marabahan

 

Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 tahun 2018 digelar selama 30 hari, mulai 28 Maret hingga 26 April 2018 di Kabupaten Tanbu dan Barito Kuala menyerap anggaran Rp.2,7 miliar yang bersumber dari APBD melalui proses lelang.

“Program TMMD merupakan bagian dari komitmen TNI AD untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara sinergi dan berkesinambungan,” ungkap Dandim 1005/Marabahan Letkol Arh Erwin Hadi Santoso.

Kata Erwin, TMMD membangun berbagai sarana dan prasarana publik yang sangat diperlukan warga yang dilaksanakan secara terpadu antara Pemda, Prajurit TNI dan warga masyarakat, serta sebagai bentuk Kemanunggalan TNI dengan Masyarakat.

Kali ini TMMD 1005/Marabahan Marabahan, juga menggelar pelatihan pembuatan pupuk tanaman bahan ramuan organik di Desa Beringin Kencana Tabunganen Batola.  Bahan2 Ramuan pepaya,nenas,mangga,semangka,kangkung,kacang panjang,jagung,pisang,ragi tape,usus ikan nila,air cucian beras,gula merah dan air kelapa.

Pelatihan dipandu, Pelda Ngadirun Jabatan Bati Komsos Stafter Kodim 1005/Marabahan, yang diikuti  75 orang masyarakat.

Proyek pengerjaan pengerasan jalan di Batola terus dikerjakan 150 personel Kodim 1055/Marabahan. Terkait program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-101 ini, beberapa warga mengaku sangat senang, mengingat dengan makin baiknya akses penghubung ini sangat memudahkan bagi masyarakat sekitar.

“Saya senang tentunya, dengan adanya personel tentara Kodim 1055 Marabahan, yang terus semangat memperbaiki badan jalan, ” tutur Iril.

Menurut Iril, jika jalan penghubung dua desa ini selesai, bisa dipastikan akan ramai dengan hilir mudik pengendara. “Bisa jadi bengkel motor saya juga tambah ramai,” imbuh Iril yang membuka usaha bengkel sepeda motor.

Kelancaran pekerjaan proyek badan jalan ini diakui tak lepas dari peran dan dukungan masyarakat. “Ini juga tak lepas dari dukungan masyarakat. Alhamdulilah masyarakat sungguh mendukung pekerjaan badan jalan penghubung dalam program Tentara Manunggal Masuk Desa,” pungkasnya.

Manunggal dengan rakyat, dari rakyat untuk rakyat. Merupakan pogram pembangunan yang dilakukan TMMD Kodim 1005/Marabahan mewujudkan pembangunan infrastruktur bagi warga di Kabupaten Batola, salah satunya melakukan rehab mushola, langgar yang ada di Desa terpencil dan pinggiran Kota Marabahan.

 

Kegiatan pengerasan jalan desa, rehab tempat ibadah, merupakan salah satu kegiatan TMMD dilakukan di Kecamatan Tabunganen dengan program fisik pembangunan antara lain pengerasan jalan sepanjang 2.450 meter, rehab musola, pembangunan Poskamling, MCK, pembangunan jembatan, rehab Posyandu.

Melalui semangat kemanunggalan serta kerjasama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa, ia mengatakan akan wujudkan percepatan pembangunan desa.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed