oleh

Bandara Gusti Syamsir Alam Sehari Layani Empat Penerbangan

-Ekonomi-13 views

Sejak adanya penambahan pesawat layanan penumpang di Bandar Udara (Bandara) Gusti Syamsir Alam Kotabaru kini menjadi 4 kali dalam sehari. Sebelumnya hanya satu kali penerbangan yang dilayani oleh Wings Air.

Hadirnya maskapai penerbangan Enam Air cukup memudahkan pelayanan penumpang rute Kotabaru Banjarmasin, Kotabaru Makassar, sehingga penerbangan dari Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru, terhitung 4 kali dalam sehari.

Itu disampaikan Kepala Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru, Prio, kepada wartawan Selasa, (5/6/2018).

Kata dia, hingga memasuki Minggu ke dua sebelum lebaran tahun ini, lonjakkan atau tranding penumpang belum terlihat signifikan. Bahkan pada rute penerbangan dari bandara Syamsir Alam ke Makassar, bisa di katakan masih sangat sedikit. Hanya berkisar belasan penumpang, yakni 15 atau 16 saja setiap kali penerbangan.Namun adanya penerbangan lanjutan, dari rute Makassar transit di Kotabaru kemudian berlanjut ke Banjarmasin, maka jumlah penumpang masih baik.

Sementara untuk penerbangan rute Bandara Syamsir Alam Banjarmasin bagi Enam Air harus membagi penerbangannya dengan rute Banjarmasin – Batulicin. Sehingga yang tadinya layanan penerbangan Kotabaru- Banjarmasin di lakukan setiap hari sekali, kini tinggal tiga kali dalam seminggu. Padahal penumpang dari Kotabaru ke Banjarmasin selalu banyak.

“Yang terlihat paling banyak dan rutin menggunakan jasa angkutan udara ini kebanyakan dari pegawai, “tandas Prio.

Dia menambahkan sejak awal bulan Mei, ada penambahan rute penerbangan Kotabaru ke Bandara Juanda Surabaya. Tapi karena penumpang masih sangat sedikit, jadi Enam Air belum bisa mengoperasi rutin ke rute penerbangan tersebut, meskipun izin terbangnya sudah ada. katanya.

Kepala Bandara Gusti Syamsir Alam, Prio menuturkan, penerbangan dari Kotabaru ke Banjarmasin rata-rata mencapai 58 hingga 60 penumpang. Tapi yang dapat terlihat lonjakkan penumpang saat libur sekolah dan hari- hari besar.

“Sudah merupakan rahasia umum harga tiket melambung tinggi saat mendekati hari “H” ebaran dan hari- hari besar lainnya. Moment itulah Air lines dapat memperoleh keuntungan.

Meski begitu, kenaikan harga tiket, juga tidak boleh terlalu tinggi tapi mesti sesuai batasan atau Het nya.

Begitu pula saat promosi, tidak boleh terlalu rendah dibawah batasan harga terendah yang berlaku. Seperti awal-awal Enam Air masuk beroperasi di Bandara Gusti Syamsir Alam ini, Wings Air yang tadinya tarif tiketnya ke Banjarmasin pada kisaran Rp 500 ribu, diturunkan hingga Rp 235 ribu. “Tidak bisa turun ke bawah dari itu lagi karena ada ketentuan batasan terendah, “katanya. (ani)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed