oleh

Budaya Banjar Telah Mencerminkan Ideologi Pancasila

Barabai,Info Banua.Anggota MPR / DPR RI, Drs. H. Saiful Rasyid, M.M. memberikan sosialisasi pentingnya 4 pilar kebangsaan yang sudah turun temurun diimplementasikan dalam kehidupan budaya Banjar di hadapan masyarakat dan tokoh Birayang,kecamatan Batang Alai Selatan,Kabupaten Hulu Sungai Tengah,Sabtu (9/6/2018).

Implememtasi dari pengamalan Pancasila dalam kehidupan budaya Banjar telah tercermin dan sudah diterapkan secara turun temurun dalam kehidupan masyarakat hingga sekarang masih kuat dalam penerapannya.

Menurut Saiful Rasyid masyarakat kita sudah sangat kental dengan tradisi kebersamaan, kegotong royongan, saling menghormati dan toleransi. Kebiasan tersebut telah menjadi akar budaya masyarakat Banjar hingga saat ini. Tantangannya sekarang adalah bagaimana nilai-nilai baik budaya asli kita ini bisa terus dijaga oleh anak-anak cucu kita bukan dengan perintah tetapi dengan suri tauladan. Dimulai dari kebiasaan, adat yang ditunjukkan orang tuanya tentunya. Jadi kalau anak kita itu paling bisa mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Maka saya memohon kepada orang tua di seluruh Birayang khususnya. Jagalah nilai-nilai luhur budaya kita ini dengan baik. Kejujuran dan kearifan budi sudah sangat jarang di masa saat ini.

Apa yang telah di amanatkan dalam ideologi kita Pancasila sudah tidak diragukan lagi karena sudah terimplementasi dalam kehidupan orang Banjar sejak dulu sebelum kemerdekaan hingga sekarang,tegasnya

Saiful Rasyid mencontohkan kehidupan budaya Banjar dengan kehidupan bersosial masyarakat Banjar sangat kuat dan memiliki rasa toleransi tolong menolong,ini sangat sesuai sekali dengan ideologi kita yang terkandung dalam Pancasila.

Kita harus bangsa sebagai Suku Banjar karena adat istiadat kita telah sangat Pancasilais,ini harus kita pertahankan.Adat istiadat Suku Banjar cerminan dari Pancasila,kita harus mengimplemntasikan secara baik dalam kehidupan sehari hari.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed