oleh

DKP Banjar Wujudkan Pola Kawasan Rumah Pangan Lestari

Seiring dengan pertambahan penduduk dan alih fungsi lahan pertanian yang terus berlanjut. Pemerintah dengan berbagai cara melakukan upaya untuk tetap mengusahakan tercapainya kemandirian pangan,terus dianalisa dan dievaluasi untuk mencari pola yang berdayaguna dan berhasil guna,serta pangan konsumsi yang aman .

Pola Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang digagas presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudoyono tahun 2010 di Kabupaten Pacitan Jawa Timur dinilai tepat sasarandan sampai saat ini terus berlanjut dan dikembangkan hampir diantero Nusantara.

Tidak terkecuali di Kabupaten Banjar yang dibidani Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar dari tahun ketahun terus bertambah jumlahnya.Tahun 2018 DKP Banjar membina 5 KRPL yang mengarah kepada kemandirian pangan lestari dan ekonomis bagi masyarakat perdesaan.

Kemandirian pangan aman konsumsi bercirikan dengan tersedianya pangan yang bergizi dan aman dari residu kimia yang mengancam kesehatan manusia.Perwujudan menuju kearah tersebut DKP Kabupaten Banjar yang dimotori Ir.H.Eddy Hasby MP ,KRPL model terus dibina dan dikawal oleh para pendamping yakni penyuluh- penyuluh yang mempunyai latar belakang dibidangnya.

KRPL berdasarkan sejarahnya adalah inisiatif penggerak PKKyang diakomodir pemerintah dimotori oleh Dinas Ketahanan Pangan provinsi maupun kabupaten sehingga pembinaan antara Kelompok Wanita Tani KWT .dan Dasa Wisma (sepuluh rumah tangga),bisa seiring sejalan sesuai petunjuk tekknis (Juknis) dan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak).

Demikian Kepala Dinas Ketahanan Pangan(DKP) Kabupaten Banjar Eddy Hasby pada setiap kunjungan ke masing-masing KRPL dalam rangka Monitoring dan evaluasi (monev). Dengan suntikan dana APBN masing-masing Rp50 juta yang diserahkan Bupati Banjar Khalilurrahman beberapa waktu lalu,kini dalam tahap pengawasan dan pendampingan agar KRPL benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat diperdesaan .

Hal yang menarik di lima Kawasan RPL yang dibangun model dan strategis antusias masyarakat peserta (Kelompok Wanita Tani ) murni anggotanya adalah kaum hawa ,mempunyai kinerja sentuhan sentuhan tangan yang lembut dan apik sehingga semua hasil kerjanya terlihat apik dan sehat serta bersih.

Hal ini tambah mantan Kepala Dinas TPH Kabupaten Banjar berkat keseriusan dan kemampuan kaum wanita diperdesaan yang paham membaca situasi dan kondisi serta manfaatnya.KRPL binaan tahun 2018 sebagaimana data yang diterima, KWT Anugrah desa Pekauman Dalam kecamatan Martapura Timur ,2.KWT .Bunga Padi desa Kelampayan Ulu kecamatan Astambul , 3. KWT Harum Bunga desa Labuan Tabu kecamatan Martapura Kota, 4. KWT. Mekarsari desa Indrasari kecamatan Martapura Kota , 5.KWT.Bina Bersama desa Bi’ih kecamatan Karang Intan.

Ayi Kuswaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed