oleh

Petani Desa Bincau Dapat Dukungan Pemberdayaan Dana Desa

Kepala desa Bincau H.Samhudi ,SPi. usai syukuran panen dilokasi Kelompok Tani Sanggar Tani mengatakan,lahan pertanian didesa Bincau cukup luas namun Sumber Daya Manusia (SDM) masih kurang sehingga pemanfaatan lahan untuk pertanian masih belum bisa bersaing dengan daerah lain.

Untuk itu langkah awal yang dilakukan pembekal yang menaruh perhatian terhadap pemberdayaan masyarakat bidang pertanian itu,adalah meningkatkan SDM dan legalitas Kelompok Tani.Pembekal yang baru menjabat 2 tahun dikawasan wisata perikanan tersebut menyisihkan dana Pemberdayaan Dana Desa 10 % dari dana APBN 2018 yang dikucurkan ke desanya. Dana sebesar 32 juta rupiah disalurkan untuk melegalisir Kelompok Tani agar berbadan hukum,sehingga setiap pengajuan proposal bantuan kepada pemerintah bisa disetujui .

Dana yang diperuntukan 8 Kelompok Tani termasuk 1 Kelompok Wanita Tani (KWT) masing-masing 4 juta rupiah termasuk kas Kelompok.Pembakal /Kepala Desa Bincau satu-satunya kadesa di kabupaten Banjar yang mengalokasikan dana desa untuk kepentingan petani dan setiap tahun akan dianggarkan sesuai keperluan.Kepala Dinas TPH.kabupaten Banjar Ir.H.M.Fachry,MP .usai menyerahkan alsintan jenis Kultipator menjelaskan,kawasan Bincau diharapkan mamapu menjadi salah satu pusat budidaya pertanian hortikultura termasuk pengembangan bunga melati yang pasarnya menjanjikan.

Tahun ini KT didesa Bincau akan membudidayakan cabai dan sayur mayur karena kawasan yang dikelola petani umumnya dialiri air dari irigasi yang membentang dikawasan tersebut.Catatan penyuluh BPP Martapura kota Dwi Mardiningsih SPt, kelompok tani didesa Bincau adalah KT.Pangumbangan Bersatu,Teratai,Sejahtera,Ridang Melati,Suka Makmur,Sanggar Tani,Mufakat dan Poktan Nusa Indah ,beraktifitas pada subsektor tanaman pangan,hortikultura dan bunga melati.

Ayi Kuswana.

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed