oleh

Festival Budaya Borneo Bakal Dihadiri  9 Dubes dan Gubernur se Kalimantan

Berbagai upaya dilakukan Pemprov Kalsel untuk menarik perhatian agar orang mau datang ke Kalsel, untuk menikmati objek wisata dan budaya yang dimiliki Kalsel. Salah satunya dengan menggelar Festival Pesona Budaya Borneo ke-II tahun 2018 yang dipusatkan di bekas halaman Kantor Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Kota Banjarmasin mulai 11 – 15 Agustus 2018.

“Festival Pesona Budaya Bormeo dibuka Presiden Masyarakat Adat Dayat Nusantara (MADN) Cornelis MH dan bakal dihadiri 9 Duta Besar yakni, dari Veneszuela, Panama, Kazakstan, Peru, Croasia, Belarus, Yaman, Pakistan dan Mexico serta masyarakat Dayak yang ada di Negara Serawak Malaysia dan Brunei  Darussalam. Para kabinet kerja RI, serta Gubernur se Kalimantan, Ketua DAD Provinsi se Kalimantan, tokoh-tokoh  adat dan pengusaha se Kalimantan,” kata Ketua Pelaksana Festival Pesona Budaya Borneo ke-II Ramon, Kamis (9/8).

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Provinsi  Kalsel Drs H Heriansyah MSi mengatakan, dengan adanya kegiatan Festival Pesona Budaya  Borneo II. Program peningkatan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara pada kunjugan wisata 2020 optimis akan tercapai.

Tema yang diusung untuk tahun 2018 adalah Dengan budaya  dan pariwisata kita bergerak membangun  Kalimantan untuk lebih sejahtera.

Ketua Adat Dayak Kalsel H Difriadi Darjat berharap, kegiatan ini merupakan representase terhadap  kekayaan, kearifan local masyarakat Kalimantan  baik dalam bentuk seni budaya maupun kultur  pembaruan  yang dijiwai  semangat  Bhineka Tunggal Ika.

“Kegiatan ini merupakan sarana promosi  dan publikasi seni dan budaya  masyarakat  Kalimantan. Selain sebagai sarana promosi  dan potensi seni dan budaya  masyarakat  Kalimantan,” katanya.

Kata Difri, Festival  Pesona Budaya  Borneo bertujuan membangun  komunikasi  strategis  pemasaran  produk daerah disemua sector baik nasional  dan internasionbal. Meningkatkan  kreatifitas masyarakat dibidang  pengembangan  IPTEK, seni dan budaya membangun  daya saing ekonomi msayarakat Kalimantan  dan sebagai sarana hiburan interaksi dan sosialisasi  yang bersifat  edutaiment kepada masyarakat luas  serta mendorong  kunjungan  wisatawan mancanegara  dan wisatawan  nusantara.

Berbagai jenis kegiatan akan ditampilkan di Festifal Pesona Budaya Borneo 2 ini diantaranya, pagelaran seni budaya dan pariwisata yang menampilkan berbagai kesenian tari tradisi, kreasi, melukis perisai, memahat talawang, menyumpit, melukid diatas kumpai, kuliner daerah, balogo, bagasing, desain laung, pameran produk unggulan dan lomba photo pesona.

Kalimantan  Art Carnaval 2018 pawai budaya  dan kesenian yang rencananya akan dilaksanakan di Kota Banjarmasin mulai dari Gedung  Mahligai  memutari  Siring  Tendean  kea rah  Jalan Perintis  Kemerdekaan kemudian ke Jalan S Parman hingga tiba lagi ke Gedung Mahligai.

Kalimantan  investmen  forum merupakan ajang pertemuan antara berbagai pelaku bisnis, pengusaha daerah dan nasional, pemerintah  daerah dan investor  daerah, nasinal dan internasional . Serta unsur-unsur  lainnya diselenggarakan 1 hari dan diharapkan  dari forum ini dapat di capai satu kesepakatan yang saling menguntungkan satu sama lainnya.

Workshop kebudayaan  merupakan seminar pengenalan budaya yang ada di Kalimantan. Kegiatan ini disisi oleh Kementerian koordinator bidang pembangunan  manusia  dan kebudayaan Indonesia, Majelis Adat Dayak Nasional, pemerintah  provinsi dan para tokoh  adat Dayak. Diselenggarakan  selama 3 hari agar peserta  lebih mengenal  dan mengetahui  keaneka ragaman budaya  dan kearifan local  Kalimantan  yang harus  terus dijaga  dan dilestarikan bersama.

Kaliamantan Nigt and Fun  2018 merupakan hiburan live music bersama artis-artis  ternama ibukota  untuk menghibur  dan memeriahkan acara Festival Pesona  Budaya  Borneo  2 2018 di halaman Gubernur Jalan Jenderal Sudirman  Banjarmasin.

Selain itu ada berbagai kegiatan menarik dan menghibur  lainnya  antara lain penampilan  musisi local  seperti  Uyou Moris  dan lainnya. Kegiatan Festival  Pesona Budaya  Borneo 2  diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel  dan Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Selatan.

rel/ida

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed